Mohon tunggu...
Dziki Fahmi
Dziki Fahmi Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Magister SB-IPB

Tulisan pada blog ini adalah perjalanan untuk publikasi thesis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Analisis Aktor Media Sosial bagi Korporasi

24 Desember 2020   19:13 Diperbarui: 24 Desember 2020   19:41 123 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Tulisan ini merupakan lanjutan dari tulisan sebelumya pada tautan berikut:

Analisis Reputasi Digital Perusahaan - Deteksi Social Bot Media Sosial

Dengan tren media sosial yang semakin meningkat maka korporasi dituntut untuk dapat mengelola reputasi digital dengan baik diantaranya dengan melakukan social media listening secara real time.  Hal yang menjadi sangat penting bagi korporasi ketika melakukan social media listening adalah untuk menjawab komponen 'What' yaitu narasi apa yang terbentuk di media sosial terhadap korporasi tersebut serta komponen 'Who' yaitu siapa yang membentuk narasi tersebut. Hal ini menjadi semakin penting untuk korporasi yang bisnisnya berada dalam ranah sumber daya tidak terbarukan seperti industri pertambangan.

Drone Emprit (Fahmi, 2018) adalah suatu aplikasi big data yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan analisis social media secara real time untuk menjawab komponen 'who' dan 'what' dari suatu trending di media sosial. Drone Emprit juga menyediakan  versi yang bisa digunakan untuk keperluan akademik dengan lingkup sosial media yang dapat dianalisis terbatas pada Twitter. 

Beberapa metrics yang dapat digunakan dan disediakan dalam aplikasi Drone emprit untuk menjawab pertanyaan terkait komponen 'who' serta 'what' diantaranya adalah analisis most retweeted serta analisis top influencers. Sebagai studi kasus, dilakukan analisis pada rentang waktu 10-20 December 2020. Pada rentang waktu ini dengan menggunakan keywords salahsatu perusahaan pertambangan di Indonesia, terkumpul sebanyak 1112 cuitan dengan puncak terjadi pada tanggal 14 Desember dengan 298 mention seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Tren narasi Media Sosial
Tren narasi Media Sosial
Analisis lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengetahui narasi apa yang dibahas pada waktu puncak tersebut seperti terlihat pada gambar berikut:

Analisis Narasi
Analisis Narasi
Selanjutnya kita dapat melakukan analisis aktor dan narasi pada top retweet seperti terlihat pada gambar berikut:

Top retweet
Top retweet
Sementara untuk menjawab komponen 'who' kita dapat melakukan analisis mengenai top influencers seperti terlihat pada gambar berikut: 

Top influencers
Top influencers
Daftar Referensi:
  • Fahmi I, 2018 Drone Emprit Academic: Software for Social Media Monitoring and Analytics. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan