Mohon tunggu...
Bang Pray
Bang Pray Mohon Tunggu... Freelancer - Educator, Microsoft Inovative Educator, Writer

Pengajar dan pendidik yang menginginkan perubahan pendidikan yang lebih baik, sebagaimana konsep pendidikan Islam dalam waktu yang singkat menghasilkan orang-orang yang hebat. Tertarik pada teknolgi informasi, aplikasi android, teknologi pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Senyuman adalah Sihir yang Diperbolehkan

5 April 2020   20:01 Diperbarui: 5 April 2020   20:17 212 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Senyuman adalah Sihir yang Diperbolehkan
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Senyuman merupakan tanda persaudaraan, ekspresi kejernihan, simbol dan misi kasih sayang, dan surat cinta. Senyuman dapat meluluhkan tembok kebencian, dan menghilangkan gumpalan permusuhan. Senyuman dapat memudarkan dendam, mengusir dan menghalau bisikan-bisikan kebencian, dan dapat mengusap luka pengucilan. Senyum juga termasuk amalan sedekah yang mudah kita laksanakan kapan saja dan dimana saja tidak terikat oleh ruang dan waktu. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad saw:

"Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu".
Hadits yang agung ini menunjukkan keutamaan tersenyum dan  menampakkan muka manis di hadapan seorang muslim, yang hadits ini  semakna dengan sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dalam hadits yang lain, "Janganlah  sekali-kali engkau menganggap remeh suatu perbuatan baik, meskipun  (perbuatan baik itu) dengan engkau menjumpai saudaramu (sesama muslim)  dengan wajah yang ceria". 

Karena dengan tersenyum, berarti anda telah menggembirakannya, melimpahkan kebahagiaan padanya, mendekati hatinya dengan penampilan yang ceria, dan menyegarkan gelora cintanya dengan roman wajah yang bersinar ceria. Maka Wahai orang mendamkan cinta dan kasih sayang, marilah tersenyum dihadapan orang lain, niscaya kegalauan mereka akan hilang, dan duri penderitaan yang menancap dalam jiwa mereka akan tercabut. 

Senyuman adalah obat mujarab yang dianjurkan oleh para pakar tentang hati. Siapa yang dikehendaki oleh Allah atas suatu kebaikan, maka Allah akan memperbaiki akhlaknya, melembutkan hatinya, dan menyinari raut mukanya dengan senyuman yang penuh keceriaan terhadap saudara-saudaranya, senyuman yang penuh dengan cahaya ketenangan, dan menyampaikan hembusan rasa aman yang lembut kepada mereka.

Ketahuilah, wahai orang yang berwajah cemberut, bermuka masam, dan berakhlak muram, bahwa andalah yang sebenarnya berada dalam kerugian bukan orang lain, karena anda telah kehilangan orang-orang tercinta, sebab wajah murammu. Engkau telah membuat sahabat-sahabatmu semakin menjauh, dan menyia-nyiakan sedekah yang harus dibayar dengan barang yang berharga seperti emas atau perak.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x