Mohon tunggu...
Inamu Dzakiyyatul Jamilah
Inamu Dzakiyyatul Jamilah Mohon Tunggu... Lainnya - Fb : Inamu dzakiyyatul jamilah, Instagram :Inamu_99

Mahasiswi "Ngono yo ngono nanging yo ojo ngono"

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pentingnya Mengenalkan Budaya Bangsa Sejak Dini

13 Oktober 2019   08:59 Diperbarui: 13 Oktober 2019   09:23 2070 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: zkngik/eviantart.com

Suatu identitas jika tidak dikenalkan sejak awal tentu akan mengakibatkan sesuatu yang fatal pada identitas itu sendiri. Seperti halnya budaya, semakin anak menemui budaya asing di lingkungan sekitarnya, hal tersebut  akan menjadi tugas berat tersendiri untuk para orang tua. 

Mengapa? karena apabila sejak dini, anak tidak dikenalkan budaya bangsanya sendiri, maka hal tersebut akan sulit membuat diri  anak untuk mencintai bangsa dan negaranya.

Itu artinya jika anak mencintai atau hanya sekedar tahu saja keindahan beragam budaya yang ada di Indonesia ini, namun dari keluarga sendiri saja tidak tahu, maka hal tersebut akan sulit. Maka peran penting keluarga dalam pengenalan budaya bangsa ini sangatlah penting.

Juga kita ketahui, bahwa di Indonesia ini memiliki berbagai macam pulau, yang di dalamnya tentu memilki seni budaya yang beragam.

Budaya sendiri berasal dari bahasa sansekerta, Buddhayah  yang merupakan jamak dari makna budi atau akal (salsa,2015). Dalam bahasa inggris, kebudayaan di sebut culture. 

Berbicara budaya atau kebudayaan tentu tidak akan jauh dari yang namanya masyarakat. kebudayaan sendiri merupakan sesuatu yang turun-temurun dari generasi ke generasi yang lain.

Jika keluarga penulis sendiri misalnya, berbahasa kepada orang tua, kepada teman sebaya, kepada yang lebih muda itu memiliki tingkatan tersendiri. Oh, kalau sama orang tua bahasanya memakai bahasa jawa kromo alus, oh sama sebaya sendiri  memakai bahasa pertemanan dan lain sebagainya.

Pengenalan budaya pada bangsa itu sendiri sebenarnya dapat di kenalkan pada anak lewat nilai  terkecil yang ada dalam keluarga, misalnya saja mengenai sopan santu, mengenai etika mengucapkan "terimakasih" jika sudah menerima bantuan dari orang lain, mengucapkan "maaf" jika sudah melakukan kesalahan. 

Nah apabila budaya dasar yang sudah di terapkan dalam keluarga tersebut sudah melekat pada diri anak, tentunya hal ini akan mempermudah orang tua dalam mengenalkan beragam seni budaya Indonesia yang lainnya.

Mengenalkan budaya pada anak usia dini, Dapat dilakukan melalui memperlihatkan gambar gambar kesenian, mengajak praktek langsung anak pada permaian tradisional, atau bisa lagi dengan mengajak anak berkunjung di museum, mengajak anak berkunjung melihat candi-candi dan masih banyak lagi.

Nah, jika anak sudah mengetahui dan memahami keberagaman budaya yang dimiliki negaranya sendiri, hal tersbut juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada anak, sehingga kemungkinan kecil anak terpapar pada budaya asing lainya. Dari rasa kepercayaan diri tersebut, anak menyadari, oh Indonesia loh hebat, oh Indonesia loh punya tari atau seni ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan