Mohon tunggu...
Dwi Yuniarti
Dwi Yuniarti Mohon Tunggu... Belajar sepanjang masa

Seorang guru yang menyukai musik dan drama.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Belajar Tiada Henti

26 Juli 2019   02:13 Diperbarui: 26 Juli 2019   02:23 36 1 0 Mohon Tunggu...

Di era digital ini, teknologi terus berkembang dengan pesat. Setiap hari tercipta aplikasi baru yang semakin mempermudah pekerjaan manusia. Dengan perubahan yang terjadi setiap hari, maka menuntut setiap individu yang ingin maju dan berkembang terus belajar tiada henti dan tanpa lelah. 

Guru sebagai agen perubahan, yang mendidik dan mengajar peserta didik di sekolah adalah orang-orang yang diwajibkan untuk selalu belajar mengikuti perkembangan zaman termasuk dalam dunia informasi teknologi. Banyak aplikasi-aplikasi pendidikan yang dapat digunakan untuk memudahkan guru mengajar dan membuat peserta didik lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran. Cara belajar duduk tenang, mendengarkan guru, mengerjakan tugas dari guru merupakan cara belajar pola lama yang sudah tidak efektif bagi peserta didik di era digital ini. Mereka akan meninggalkan guru-guru mereka yang masih mengajar dengan pola lama.

Untuk belajar, guru juga membutuhkan wadah yang membuat belajar lebih terarah dan berguna. Untunglah ada wadah bagi para guru yang ingin terus mengasah kemampuan IT-nya melalui pelatihan yang diprakarsai oleh Bapak Sukani yaitu Diklat Online Guru Melek IT (DOGMIT). Guru-guru setiap tahun dapat mengikuti diklat ini dengan materi yang berbeda-beda dan terus dikembangkan. 

Bagi saya, ini adalah yang ke-4 kalinya mengikuti diklat yang diselenggarakan oleh Pak Sukani. Saya ingin terus mengasah kemampuan saya sebagai guru dalam bidang IT. Kemampuan ini saya terapkan di kelas, sehingga mendukung suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik yang saya ajar. 

Saya berharap kegiatan ini terus ada dan lebih bervariasi programnya. Karena IT terus berkembang, kebutuhan juga semakin berkembang maka kemampuan guru untuk menerapkan IT dengan berbagai variasi sangat dibutuhkan. Bagi Bapak atau Ibu Guru yang belum bergabung dan ingin mengasah kemampuan IT-nya, wadah ini adalah tempatnya. 

Dari mana saja Bapak/Ibu Guru berasal dan berada, diklat ini dapat diikuti asalkan ada jaringan internet. Semoga dengan diklat-diklat semacam ini Guru-guru Indonesia semakin cerdas dan kompeten dalam mengajar sehingga pendidikan di Indonesia semakin maju.

                

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x