Mohon tunggu...
Pramesti Widyasanti
Pramesti Widyasanti Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pramesti WIdyasanti
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Lahir di Balikpapan 29 Januari 1997

Selanjutnya

Tutup

Healthy

How Sad Being Kurus People

29 Mei 2021   03:14 Diperbarui: 29 Mei 2021   03:23 119
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Hai! Halo selamat pagi, selamat sore, selamat malam, siapa pun teman-teman yang sedang membaca ini. Kenalin aku Hana, tinggal di Bandung aja yang suasananya adem, ada makanan dimana-mana.

 Tapi sayang banget guys, walaupun disini banyak berbagai macam makanan yang bisa aku konsumsi, entah makanan manis, makanan asin, makanan pedas, makanan ringan, makanan berat, bahkan berbagai macam jenis minum-minuman manis maupun asam aku jarang banget dan gak doyan yang Namanya makan . 

By the way aku umur 20 tahun yah, aku lagi kuliah di salah satau PTS di Bandung. Banyak banget aktifitas dan tugas-tugas yang harus aku lakukan, mengakibatkan aku jarang banget makan dengan teratur. Kadang enggak sarapan, kadang gak makan siang, bahkan kadang gak makan malam. 

Aku disini jadi kurus banget. Nah maka dari itu search di google apasih yang nyebabin orang itu kurus kaya aku selain dari yang aku teliti sendiri dari tubuh aku ya.

 Akhirnya aku nemu beberapa artikel yang mengatakan penyebab kurus adalah adanya factor genetik atau keturunan tapi udah aku telaah keluarga aku gak ada yang sekurus aku loh. 

Kedua adalah aktifitas fisik yang tinggi, sepertinya faktor ini yang ngebuat aku kurus, setelah aku baca karena tubuh akan lebih banyak membakar kalori untuk menghasilkan tenaga saat melakukan banyak aktifitas. 

Yang ketiga ada efek samping obat-obatan dimana penjelasannya adalah beberapa jenis obat-obatan, baik obat yang dibeli bebas atau yang diresepkan dokter itu bisa mengakibatkan efek samping mual dan nafsu makan berkurang, untuk informasi aja temen-temen salah satu jenis pengoatan yang sering menyebabkan badan kurus adalah kemoterapi untuk mengobati kanker, tapi selama ini aku ga banyak mengkonsumsi obat loh guys. Sepertinya bukan faktor ini yang menyebabkan aku menjadi kurus.

Dibawahnya ada penjelasan lagi guys yaitu resiko Kesehatan apa aja sih karena adanya badan kurus kayak aku. Pertama yaitu kekurangn gizi, hiks sedih banget bacanya. 

Jadi tubuh membtuhkan banyak nutrisi agar organnya dapat berfungsi dengan baik. Kalo kekurangan gizi maka akan banyak organ tubuh yang fungsinya terganggu. Kekurangan gizi tertentu dapat menimbulkan masalah Kesehatan yang berbeda. Kedua. Pertumbuhan terganggu. Gak Cuma orang dewasa, anak-anak juga bisa memiliki badan kurus. 

Jika dibiarkan tanpa penanganan, hal ini bisa menyebakan anak mengalami kekurangan gizi. Kondisi ini bisa terjadi jika berat badan anak tidak kunjung naik. 

Padahal, anak sangat membutuhkan banyak gizi untuk tumbuh kemabngnya. Oleh karena itu, ketika ia tidak mendapat asupan gizi yang cukup, pertumbuhannya pun dapat terhambat. Yang ketiga system kekebalan tubuh lemah, system kekebalan tubuh tidak dapat bekerja dengan maksimal jika kita memiliki berat badan dibawah normal. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun