Mohon tunggu...
Akmal Dyandra
Akmal Dyandra Mohon Tunggu... Mahasiswa Biologi

Mahasiswa biasa aja

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Migrasi Burung: Aktivitas Rutin Yang Terancam

15 Desember 2019   18:26 Diperbarui: 15 Desember 2019   18:49 13 0 0 Mohon Tunggu...
Migrasi Burung: Aktivitas Rutin Yang Terancam
phys.org

Pernahkah kamu melihat sekelompok burung terbang bersama di langit? Mereka menari di langit dari tempat-tempat yang jauh. Mereka mencari kehangatan dan makanan dari sisi lain planet ini. Merkea ermigrasi untuk kelangsungan hidup mereka.

Namun tahukah kamu, bahwa aktivitas maigrasi burung sekarang terancam lho! Bayangkan suatu hari nanti, kita tidak dapat melihat burung menari bersama di langit kita. Perubahan iklim, sampah plastik, tumpahan minyak, dan deforestasi menjadi beberapa ancaman yang mereka hadapi.

Perubahan iklim merubah pola kehidupan mahluk hidup. Pada tanaman, perubahan iklim mempengaruhi waktu reporduksi mereka. Hal tersebut tentu berperngaruh terhadap burung. Ketika burung yang bermigrasi sampai di tujuan migrasi mereka namun tidak ada makanan, burung tersebut harus pergi ke tempat lain. Jika tempat berpindah burung tersebut sudah ada kelompok burung lain, akan terjadi kompetisi dalam mencari makanan yang berakibat buruk terhadap salah satu kelompok burung lho!

Sampah plastik menjadi salah satu ancaman yang berbahaya bagi para burung. Burung-burung yang bermigrasi ke daerah pantai sering tidak sengaja memakan plastik. Terbukti dengan ditemukannya sampah lsatik dalam perut burung. Hal tersebut sangat membahayakn keberadaan burung migrasi karena bisa mengganggu jumlah populasi di habitat aslinya.

Tumpahan minyak juga menjadi ancaman bagi burung. Karena tumpahan minyak dapat merusak lingkuang perairan tempat burung istirahat. Banyak sekali kejadian burung mati karena tumpahan minyak. Salah satunya di California pada tahun 2015 (cnnindonesia.com).

Ancaman terakhir adalah deforestasi. Seperti yang kita ketahui bersama, poho merupakan tempat tinggal utama bagi burung. burung-burung yang bermigrasi dari jauh mengandalkan pepohonan sebagai tempat mereka bersitirahat dan mencari makan. Hilangnya hutan menyebabkan tempat beristirahat mereka juga hilang. Hal tersebut sangat membahayakan bagi burung migrasi yang telah banyak mengeluarkan energi.

Ayo kita jaga ala kita, agar anak cucu kita tetap bisa menikmati indahnya migrasi burung!

Referensi
Gill B. F., 2007. Ornithology
Threats to Migratory Birds. Diakses pada 15/12/2019 pukul 18:13

VIDEO PILIHAN