Mohon tunggu...
Dyah Ayu Novitasari
Dyah Ayu Novitasari Mohon Tunggu... Guru - Change your words. you change the world

Seorang ibu rumah tangga yang minat dengan dunia parenting dan dunia anak serta suka menulis di blog https://www.roemahaura.com/ dan https://www.ummipedia.com/

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Hasilkan Cuan dari Rumah Dengan Bantuan Internet

6 Desember 2021   09:13 Diperbarui: 10 Desember 2021   06:15 877
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tahukah kamu menurut Johnny G selaku Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), jumlah pengguna Internet di Indonesia hingga Januari 2021 telah mencapai 202,6 juta orang? Dengan angka tersebut, maka Indonesia telah menempati peringkat keempat berdasarkan jumlah pengguna internet terbesar di dunia loh. Fantastis bukan?

Tidak mengherankan sebenarnya, internet sudah cukup erat dengan kehidupan banyak orang di era digital. Terlebih lagi di masa pandemi seperti sekarang, bisa dikatakan internet telah menjadi kebutuhan primer.

Untuk mengurangi penyebaran virus Covid -19, pemerintah menyarankan untuk masyarakat lebih banyak di rumah saja. Berbagai aktivitas pun harus dilakukan secara online atau daring. Mulai dari belajar, bekerja, menjalin silaturahmi dengan keluarga, menjalankan hobi, dan lainnya. Termasuk juga mendapatkan penghasilan tambahan.

Cara Mendapatkan penghasilan dari Rumah

Saya dan keluarga sebenarnya jauh sebelum masa pandemi sudah mengandalkan internet untuk menjalani berbagai aktivitas. Suami yang bekerja di perusahaan nasional, sudah sejak lama bekerja dengan menggunakan integrasi sistem yang sepenuhnya harus diakses secara online.

Karena itu lah, untuk mempermudah pekerjaannya yang sewaktu-waktu harus menyelesaikan tugas kantor di rumah, kami memutuskan untuk memasang jaringan WiFi dari Indihome internetnya Indonesia di rumah.

Dengan fasilitas internet tersebut, saya pun jadi ikut mencari peluang mendapatkan uang tambahan di rumah. Maklum saja,semenjak menikah dan harus sering ikut suami berpindah domisili karena tugas kantornya, saya yang sebelumnya seorang guru honorer akhirnya memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga agar tetap bisa mengasuh ketiga buah hati kami.

Nah, jika ada yang bertanya, memang apa yang bisa dilakukan ibu rumah tangga seperti saya untuk bisa mendapatkan uang jajan sendiri? Maka jawabnya banyak sekali! Terlebih lagi sekarang lebih mudah dengan bantuan internet.

Akan tetapi, untuk saat ini setidaknya ada tiga cara yang saya mendapatkan uang tambahan dari rumah :

1. Jualan online

Berjualan secara online memang bisnis yang bisa dilakoni siapa saja termasuk ibu rumah tangga. Saya sendiri sejak beberapa tahun lalu, bisa mendapatkan cuan dari rumah dengan berjualan online pakaian bayi dan buku anak. Dengan modal yang bisa dibilang minim, saya bisa mendapatkan keuntungan yang cukup untuk membeli baju dan keperluan saya pribadi. 

Tentunya peluang ini masih sangat bagus untuk dilakukan, terlebih di masa pandemi seperti saat ini. Dimana kita diharuskan untuk lebih banyak di rumah, sehingga berbelanja segala kebutuhan pun dilakukan secara online.

2. Ngeblog

Setelah rada bosan dengan berjualan online, saya mencoba melirik untuk jadi blogger. Sebenarnya sejak dulu saya sudah suka membaca dan menulis. Akan tetapi, baru di tahun 2018 saya mencoba serius ngeblog. Hasilnya saat ini saya sudah bisa mendapatkan penghasilan yang terbilang cukup bagus untuk memenuhi kebutuhan pribadi dan membantu suami menambah tabungan kami.

3. Ikutan SOBI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun