Mohon tunggu...
Sucahyo AdiSwasono
Sucahyo AdiSwasono Mohon Tunggu... Bakul Es :

Bakul Es : "Dunia" Es Plus Mie

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Tatanan Madinah Al-Munawwarah: Solusi Atas Permasalahan Bangsa (2)

21 April 2021   05:50 Diperbarui: 21 April 2021   06:04 98 3 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tatanan Madinah Al-Munawwarah: Solusi Atas Permasalahan Bangsa (2)
Traveloka.com


Artikel (2)

GAMBARAN UMUM TATANAN MADINAH 

Kata Madinah, merupakan bentuk kata keterangan tempat, yang dalam Bahasa Arab berasal dari kata dasar Diinun atau Ad-Diin. Menurut Kamus Al-Munawir, satu alternatif makna kata Ad-Diin adalah Pengaturan atau Pengurusan , atau senilai dengan Management atau Penataan. Dengan demikian, maka kata Madinah adalah media atau tempat penerapan dari Tatanan Al-Quran. Secara umum, Tatanan Al-Qur’an bisa diklasifikasikan menjadi, sebagai berikut :

  • Tatanan Masyarakat atau negara (Madinah)
  • Tatanan Dunia.

Ditinjau dari proses pembangunannya, Al-Qur’an Surat Ar-Rum (30) : 30, menggambarkan sebagai berikut :  

Maka tegakkan pandangan hidup kalian menurut penataan ini (Madinah) sebagai perwujudan dari Ajaran Allah, yang Allah mewujudkan yang demikian ini (Madinah) seperti DIA (Allah) menciptakan hakikat manusia. Tidak ada apapun yang dapat menandingi ciptaan Allah ini, yakni Dinul Islam Tatanan Hidup Utuh Ampuh, namun sayang massal manusia tidak memahami konsepsi tatanan hidup yang demikian ini.” 

Kemudian, dalam suatu Hadits disebutkan sebagai berikut :

Nilai Kehidupan Organisasi Mukmin adalah saling menyayangi, saling mencintai dan saling tolong-menolong bagaikan satu tubuh yang sehat/utuh, dimana jika salah satu bagian sakit atau terinfeksi kuman, maka bagian yang lain juga ikut sakit atau demam (reaksi atas infeksi).” 

Jadi, organisasi Madinah merupakan refleksi dari sistem anatomis dan fisiologis jasad manusia (Kal-Jasadi Wahid), yang kemudian dari Organisasi Madinah direfleksikan lagi menjadi Organisasi Dunia. 

Dalam paparan ini, hanya akan disajikan gambaran dan management dalam lingkup Madinah, karena merupakan sasaran antara yang mendesak untuk segera direalisasikan. Kemudian, diharapkan setelah terwujud suatu Madinah, maka pada gilirannya secara bertahap dilakukan upaya mewujudkan Dinul Islam sebagai Tatanan Dunia. 

Pengertian Madinah sebagai negara tentunya berbeda dengan pengertian negara menurut Bangsa Indonesia. Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah terbentuk dari wilayah-wilayahn Nusantara yang merupakan bekas jajahan Belanda, sehingga Negara Indonesia ini mempunyai cakupan wilayah yang sangat luas. Sedangkan pengertian negara/Madinah dalam Dinul Islam ini adalah satu organisasi masyarakat yang merupakan refleksi  organisasi tubuh secara lengkap. Mengenai seberapa luas yang dibutuhkan untuk satu Madinah dimaksud, akan bergantung kemampuan dari Madinah itu sendiri. Seperti halnya perkembangan manusia dari bayi yang sangat kecil dan lemah menjadi dewasa yang besar dan kuat, maka seperti itulah pertumbauhan Madinah. 

Komponen Madinah dari bentuk organisasi tubuh yang tersusun dari sel-sel.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x