Mohon tunggu...
Dyah Nita Nuraini_4D
Dyah Nita Nuraini_4D Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hanya Mahasiswa biasa

Hanya Mahasiswa biasa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Menciptakan SDM Unggul di Masa Pandemi Covid-19

31 Juli 2021   00:34 Diperbarui: 31 Juli 2021   01:55 215 56 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menciptakan SDM Unggul di Masa Pandemi Covid-19
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandemi Covid-19 ini yang kita ketahui sudah berlangsung sangat lama yaitu sekitar satu tahun lebih telah memporak-porakkan hampir semua sector. Tatanan kehidupan juga mulai sedikit rusak. Salah satunya yang paling terganggu ialah sector ekonomi. Menurut Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) berkomitmen untuk menciptakan SDM yang unggul pascapandemi COVID-19. Salah satu langkah strategis penyerapan angkatan kerja terhadap kondisi terkini adalah meningkatkan kapital digital tenaga kerja Indonesia. Melalui kapital digital ini, akses terhadap teknologi digital akan meningkat dan keterampilan untuk memanfaatkan secara optimal teknologi digital yang dapat diakses dan pemanfaatan teknologi digital ini untuk meningkatkan kapital ekonomi, kapital sosial, dan kapital kultural (sertifikasi profesi). 

Selama pandemi, banyak keahlian baru yang diperlukan tenaga kerja untuk beradaptasi dengan situasi sekarang. Bahkan banyak dari direktur-direktur perusahaanyang menyarankan agar kompetensi karyawan mereka meningkat untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan kerja di tengah pandemi. Salah satunya adalah menyarankan untuk melakukan sertifikasi kompetensi bagi karyawannya. Dengan mengikuti sertifikasi kompetensi tersebut maka dapat dibuktikan bahwa karyawan dari perusahaan tersebut siap untuk menghadapi tantangan dan memberikan solusi untuk berdaya saing saat pandemi dan pasca pandemi ini.

Ketersedian kompetensi SDM ini merupakan hal vital dan menentukan dalam memacu pertumbuhan ekonomi. Maka diperlukan SDM yang unggul yang mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perkembangan teknologi digital sesuai dengan kebutuhan dunia usaha pada masa pandemi ini. Diharapakan outcome dari kompetensi ini para SDM unggul yang dapat bersaing di dunia kerja dan juga mampu membuka lapangan pekerjaan lewat kegiatan wirausaha yang dibangunnya.

Melalui sejumlah penjelasan diatas tersebut, bila strategi dan rencana yang telah dirancang dijalankan dengan sebaik-baiknya dan berhasil untuk menciptakan SDM yang unggul di masa Pandemi Covid-19,  maka bisa dikatakan SDM tersebut mampu beradaptasi secara unggul dalam berbagai kondisi dan situasi yang sulit sekalipun, sehingga terciptalah SDM yang unggul dan produktif serta siap bersaing di kancah internasional.

Sekian penjelasan yang bisa saya sampaikan. Jika ada saran atau kritik bisa disampaikan lewat komentar agar kedepannya saya bisa lebih baik lagi dalam menulis sebuah artikel.

Terima Kasih, Jangan lupa untuk Like dan Nilai 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN