Mohon tunggu...
Dyah Pusparani
Dyah Pusparani Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

UIN Malang 18

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemanfaatan Media Komputer pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19

4 Desember 2020   15:00 Diperbarui: 4 Desember 2020   15:03 124
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandemi Covid-19 menjadi pembicaraan yang hangat dikalangan masyarakat. Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS COV-2) adalah jenis baru dari coronavirus yang dapat menyebabkan penyakit menular antar manusia. Covid-19 ini merupakan sebuah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang baru saja ditemukan. Virus ini dapat menyebabkan gangguan ringan pada system pernapasan, infeksi paru-paru yang berat hingga kematian. Pemerintah menetapkan berbagai kebijakan seperti memberlakukannya lockdown sebagai langkah mencegah penyebaran Covid-19. Indonesia sendiri, menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) untuk menekan penyebaran virus Covid-19.

Menyebarnya virus Covid-19 yang begitu cepat di Indonesia memberikan dampak yang begitu besar dari berbagai aspek, terutama aspek pendidikan. Aspek pendidikan yang terkena dampak dari Covid-19 ini menyebabkan begitu banyak aktivitas rutin seperti pertemuan tatap muka di kelas, proses bimbingan akademik, pertemuan formal dalam seminar menjadi terganggu.

Pendidikan merupakan salah satu aspek yang dijadikan wadah untuk membentuk karakter anak. Dalam proses pembelajaran seorang pendidik harus mampu untuk menguasai berbagai media pembelajaran karena suatu kondisi akan selalu berubah-ubah. Seperti pada saat pandemi Covid-19, semua aspek mengalami perubahan dan dituntut untuk menyesuaikan keadaan yang ada. Lembaga pendidikan pun tak luput untuk ikut menyesuaikan dengan keadaaan, sehingga pendidikan mencoba untuk mentransformasikan media pembelajaran di kondisi pandemi Covid-19.

Media adalah sesuatu yang dapat menyalurkan pesan dari pengirim kepada penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa sehingga proses belajar dapat terjadi.Sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) merupakan system pembelajaran yang dilakukan tanpa tatap muka secara langsung antara siswa dengan guru melainkan dilakukan secara online dengan menggunakan jaringan internet. Sehingga guru dituntut untuk dapat mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online). Sistem pembelajaran dilakukan dengan menggunakan komputer atau laptop yang terhubung dengan jaringan internet.

Seiring dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, seorang guru harus pandai untuk memanfaatkan kemajuan tersebut seperti dengan penggunaan media teknologi dalam proses belajar. Sehingga, pembelajaran jarak jauh tetap dapat dilaksanakan dengan efektiv. Pemerintah pun sudah menyediakan beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk melaksanakan pembelajaran. Adapun aplikasi tersebut berupa Zoom, Google Classroom, Google Meet, E-Learning, bahkan pembelajaran pun bisa berlangsung dengan menggunakan aplikasi WhatsApp group. Guru hanya tinggal memilih aplikasi apa yang tepat dan sesuai untuk diterapkan sebagai media pembelajaran pada mata pelajarannya. Media pembelajaran online dapat pula diartikan sebagai media yang dilengkapi oleh alat pengontrol yang bisa dioperasikan oleh penggunanaya, sehingga pengguna dapat mengendalikannya dan mengakses kebutuhannya, seperti mengunduh sumber-sumber pembelajaran.

Aplikasi Zoom Meeting merupakan sebuah media pembelajaran yang menggunakan video, aplikasi ini dapat diunduh pada telepon genggang ataupun laptop, sehingga aplikasi ini sangat praktis untuk pembelajaran. Aplikasi ini dapat digunakan oleh siapapun dengan batas waktu penggunaan selama empat puluh menit, namun dapat digunakan sebebasnya jika akun yang dimiliki adalah akun berbayar. Dengan menggunakan aplikasi Zoom ini, guru dan siswa dapat berkomunikasi langsung dengan video. Namun, terdapat beberapa kendala dalam penggunaannya seperti, signal yang kurang bagus terkadang membuat video mengadat, sering terdapat suara aneh yang berasal dari aplikasi ini sehingga mengganggu pembelajaran yang sedang berlangsung.

Elearning adalah pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan teknologi jaringan computer atau internet. Dengan menggunakan Elearning memungkinkan siswa untuk belajar melalui computer atau telepon genggam di rumahnya ranpa harus secara fisik pergi ke sekolah untuk mengikuti pembelajaran atau perkuliahan di kelas. Elearning juga merupakan dasae konsekuensi dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Penggunaannya mampu menghemat biaya yang harus dikeluarkan.

Berdasarkan surat Kementerian Agama bahwa diadakannya kerja sama antara Direktorat KSKK dengan Kedutaan Besar Rusia dalam pemanfaatan Platform pembelajaran daring atau online dari website Dragonlearn.org yang dapat digunakan secara gratis bagi guru ataupun orang tua siswa dan siswa.

Sejalan dengan perkembangan yang ada sekarang pun, banyak sekali sumber pembelajaran yang dapat dengan mudah untuk diakses, tidak perlu dating langsung. Hanya dengan membuka web saja sudah bisa mendapatkan sumber-sumber pelajaran. Seperti contohnya tersedia Google Scholar yang dapat digunakan untuk mengakses jurnal-jurnal sebagai acuan dalam pembelajaran, Google Book yang dapat digunakan untuk mengakses buku-buku online, dan sekarang juga beberapa perpustakaan sudah menyediakan perpustakaan digital atau dikenal dengan perpustakaan online yang dapat digunakan sebagai sumber pembelajaran.

Perpustakaan digital tidak jauh berbeda dengan perpustakaan konvensional, yang membedakannya adalah koleksinya. Jika perpustakaan konvensional memiliki koleksi tercetak, perpustakaan digital memliki koleksi elektronik atau tidak tercetak. Perpustakaan online ini berisikan objek digital yang berkualitas, dikembangkan dan dikelola sesuai dengan prinsip internasional. Selain itu juga, koleksi tersebut dapat diakses berkelanjutan atau bisa dibuka terus menerus yang didukung oleh layanan-layanan yang diperlukan oleh penggunanya ketika membutuhkan sumber informasi.

REFERENCES

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun