Mohon tunggu...
Dwi Umul Hasanah
Dwi Umul Hasanah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

I am Dwi Umul Hasanah, currently a Sociology Education Student of State University of Jakarta.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kekuasaan Michel Foucault

30 November 2022   17:48 Diperbarui: 30 November 2022   17:49 49
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Michel Foucault Lahir di Poitiers pada 15 Oktober 1926 dan meninggal di Paris pada 25 Juni tahun 1984. ia belajar Filsafat pada tahun 1945. Foucault adalah pemikir asal dari Prancis yang mempunyai pengetahuan menafsirkan tentang pengetahuan dan seksualitas juga kekuasaan. Ia tidak menyukai istilah "intelektual" dan lebih suka menempatkan dirinya sebagai suatu otoritas yang dapat menentukan yang lain. Pemikirannya dipengaruhi oleh beberapa tokoh seperti Imanuel Kant, Karl Marx, Friedrich Nietzsche dan tokoh lainnya. Foucault memiliki banyak karya atas pemikirannya seperti Madness and Civilization, The Order of Things, The History of Sexuality dan karya lainnya.

Kekuasaan menurut Michel Foucault

Menurut Foucault kekuasaan itu sifatnya menyebar dan tidak bisa berpindah-pindah karna kekuasaan itu ada dimanapun dan datangnya dari mana saja. Kekuasaan masuk di dalam relasi sosial seperti contohnya orang tua dan anak juga pemimpin agama dan umatnya. Kekuasaan tidak dimiliki namun ia melakukan pekerjaan didalam relasi pengetahuan juga lembaganya. Sifatnya juga produktif. Kekuasaan bersumber dari ketidaksamaan, diskriminasi dan perbedaan dalam kehidupan bersosial. Proses kerja dari kekuasaan ialah dari penyebaran pengetahuan  hubungan seskualitas dan politik maupun ekonomi.

Relasi antara kekuasaan dan pengetahuan. Mereka memiliki hubungan yang saling timbal balik dan saling berkaitan satu sama lain seperti kekuasaan menghasilkan suatu pengetahuan.

Kekuasaan dan kebenaran. Kebenarannya itu bukan suatu yang seimbang. Ia dapat berubah, kebenaran lahir dan muncul karna banyaknya relasi, pertentangan dan paksaan. Ketnik dari kekuasaan dari foucault yaitu jika kepatuhan dan pengawasan di gabung akan melahirkan sebuah kekuasaan.

Arkeologi pengetahuan salah satu pendekatan yang digunakan untuk menganalisis sejarah.Foucault menulis bukunya yang berjudul "The Archeology of knowledge". Bahasan ini menaruh pada aspek aspek peristiwa sejarah yang sedang di analisis. Pendekatan arkeologi digunakan untuk sistem pemikiran (wacana). Ada 3 tahapan yang arkeologi pengetahuan lewati yaitu: Apriori Historis (analisis sejarah karna pemikiran yang dilahirkan), arsip (bentuk dari pernyataan) dan juga positivity (analisis dengan melihat terjadinya komunikasi dari pemikiran tokoh di suatu wilayah dengan tokoh negara lain). Sejarah pengetahuan berbeda dengan arkeologi pengetahuan dimana sejarah pemikiran berfokus pada penemuan pemikiran baru dan juga beranggapan variabel sebagai sebab dan akibat.

Bio Power adalah teknoligi kekuasaan didalam tubuh. Ia digunakan untuk mengatur dan mengontrol masyarakat. Bio power digunakan karena sebagai dukungan terhadap kapitalisme juga sistem peradilan yangs edang mengalami perkembangan. 2 cara kontrol tubuh dalam membuat seksualitas dapat menjadi sebuah isu politik yaitu : disiplin tubuh dan regulasi penduduk (seperti mempengaruhi bidang psilokogisnya).

Foucault menyoroti 4 wilayah dalam politik seksualitas yaitu : The hysterization of women, the sexualization of children, the safeguarding of society dan the solidarity of the family institution.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun