Mohon tunggu...
Dedi Dwitagama
Dedi Dwitagama Mohon Tunggu... Guru - Pendidik

Pendidik yang bermimpi makin banyak anak negeri yang percaya diri dan berani berkompetisi. Mengajar Matematika di SMKN 50 Jakarta - Blogger sejak 2005: http://dedidwitagama.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com dan http://trainerkita.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Home Learning Berbonus Trending di Kompasiana

10 April 2020   17:35 Diperbarui: 10 April 2020   17:42 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tangkapan layar kompasiana

Tugas home learning berbuah trending di kompasiana.

Saat murid-murid saya libur sekolah yang tak biasa, mereka harus belajar di rumah dan proses belajar berlangsung secara daring. Saya mengajar mata pelajaran matematika memberi tugas untuk mengerjakan soal-soal latihan matematiak dari buku paket, kemudian mengerjakan soal post test daring dengan google drive. 

Situasi pandemi negeri ini makin berat sehingga libur sekolah diperpanjang, berita wabah virus, kabar kematian dan informasi pandemi se dunia berkelebat sangat deras melalui berbagai media, saya yakin itu membuat stress warga negara, termasuk murid-murid saya, oleh karena itu saya memberikan tugas selingan diluar pelajaran matematika, yaitu belajar menulis artikel di kompasiana tentang apa saja yang bergubungan dengan sekolahnya tanpa menulis satu katapun yang berhubungan dengan pandemi dunia ini, tujuan saya adalah mendorong murid melakukan self healing dengan mengabarkan kebaikan di sekolah. Setiap murid harus menulis 15 artikel di kompasiana yang dilengkapi dengan foto atau video.

Penugasan itu selain sebagai selingan, self healing, saya juga ingin memberikan pengalaman mereka mempromosikan sekolah, selain itu saya ingin meningkatkan kemampuan menulis, sebuah keterampilan yang akan sangat bermanfaat di masa depan, termasuk pengalaman menjadi jurnalis, yang bisa menjadi pilihan profesi di masa depan.

Luar biasa ... ternyata 200 murid yang saya ajar merespon tugas yang saya berikan secara bersemangat, tak sampai berganti hari sudah ada artikel yang tayang di kompasiana, anak-anak yang mengalami kesulitan saat membuka akun dan posting di kompasiana bertanya kepada saya melalu direct message di instagram. Saya selalu menjawab pertanyaan mereka, termasuk memberi rating dan komentar pada posting mereka.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun