Mohon tunggu...
Dedi Dwitagama
Dedi Dwitagama Mohon Tunggu... Guru - Pendidik

Pendidik yang bermimpi makin banyak anak negeri yang percaya diri dan berani berkompetisi. Mengajar Matematika di SMKN 50 Jakarta - Blogger sejak 2005: http://dedidwitagama.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com dan http://trainerkita.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tak Ada Wajib Belajar Saat Libur yang Tak Biasa

6 April 2020   13:01 Diperbarui: 6 April 2020   13:22 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Silahkan Neng, Ngga wajib sih ... yang wajib solat ... tapi nanti teman-teman kamu punya nilai, lalu kamu tak ada nilainya gimana dong?"

Ada murid saya yang bertanya melalui instagram tentang tugas yang saya berikan dalam rangka home learning pada liburan yang tak biasa ini, begini dialog kami:

M: "Permisi Pak, Saya mau bertanya, Itu tugas yang terakhir, postingan artikel di kompasiana sebanyak 15 artikel itu wajin tidak Pak?"

S:  "Silahkan Neng, Ngga wajib sih ... yang wajib solat ... tapi nanti teman-teman kamu punya nilai, lalu kamu tak ada nilainya gimana dong?"

M: "Oalaaah, iya Pak bener banget, oke deh saya laksanakan tugas artikelnya, terima kasih Bapak."

S: "Dari pada gabut, sambil rebahan kerjain aja Neng, ntar selesai deh."

Saya mengajar Matematika, untuk mencegah kejebuhan murid-murid, Saya memberi tugas selingan setelah post test, yang bertujuan meningkatkan kemampuan menulis buat murid-murid saya yang manfaatnya sangat besar ketika kelak mereka kuliah, untuk menulis makalah atau skripsi, bagi yang bekerja saya berharap mereka sudah punya skill untuk menuliskan laporan kerja, bahkan mereka bisa menjadi bagian humas atau public relation di perusahaannya, serta bisa menjadi jurnalis, profesi yang latar belakang pelakunya bisa bermacam-macam. 

Tujuan lain dari tugas ini adalah untuk terapi self healing, kesehatan jiwa seseorang akan terdampak buruk jika terus dijejali oleh informasi yang buruk, maka saya memberi tantangan kepada lebih 200 murid saya untuk mengabarkan kebaikan di sekolahnya dengan menceritakan kegiatan di sekolahnya diserta foto atau video, jika berkenan menyimak respon murid-murid Saya, silahkan klik disini,  semoga bisa menumbuhkan rasa positif dan menyehatkan jiwa anak negeri, kalo kamu?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun