Mohon tunggu...
Dwi Septiawan
Dwi Septiawan Mohon Tunggu... Bismillahirrahmanirrahim. Semoga Bermanfaat Artikel Ini

Bismillahirrahmanirrahim . Selamat datang di website Kompasiana. Semoga artikel yang sudah diupload dapat bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Tidur yang Kurang Baik Dapat Membuat Ekonomi Tidak Lebih Baik

20 Mei 2021   06:13 Diperbarui: 20 Mei 2021   06:23 81 3 0 Mohon Tunggu...

Setiap hari, manusia melakukan aktivitas disiang hari seperti bekerja, belajar dan lain lain. Namun, manusia juga harus memiliki istirahat yang cukup dimalam hari. Istirahat tersebut dilakukan dengan cara tidur. Tidur adalah keadaan istirahat alami pada berbagai binatang menyusui, burung, ikan, dan binatang tidak bertulang belakang seperti lalat buah Drosophila. Pada manusia dan banyak spesies lainnya, tidur penting untuk kesehatan.

Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Sama halnya dengan tidur yang harus dengan tidur harus dengan yang cukup. Manfaat tidur yang cukup di malam hari, yaitu dapat mengurangi risiko penyakit, dapat meningkatkan kemampuan otak dan dapat mempertahankan berat badan. Kebutuhan waktu tidur berbeda-beda tergantung usia. Semakin bertambahnya usia, kebutuhan waktu tidur menjadi berkurang.

Tidur memiliki beberapa definisi sesuai dengan para ahli. Menurut Guyton & Hall ( 2014 ), tidur didefinisikan sebagai suatu keadaan tak sadar yang masih dapat dibandingkan dengan pemberian rangsang sensorik ataupun rangsangan lain.

Kizilay (1998, p.700) yang menyatakan tidur merupakan suatu keadaan dimana organisme secara reguler, berulang, dan mudah kembali lagi (reversible) ditandai oleh keadaan yang relatif diam atau tanpa gerak dan meningkatnya ambang respon terhadap stimuli eksternal. (anonim, 2013).

Dengan kata lain, orang yang tidur nyenyak hampir dua kali lebih mungkin secara teratur menabung guna keperluan di masa pensiun dan biaya medis yang tak terduga.

Menurut psikologis pun jikalau kita kurang tidur akan dapat meninmbulkan beberapa dampak selain dari keuangan bahkan jika sering begadang ( kurang tidur ) faktanya akan membuat kita mudah emosian dan sering bertengkar dengan orang lain. Kurang nya tidur pun bisa menyebabkan kita kekurangan kontrol diri dan kemampuan untuk berfikir jernih.

Jadi hal ini bisa pula  merembet pada masalah -- masalah lain seperti kelelahan, bahkan pertengkaran dengan orang lain.

Pola tidur adalah model, bentuk atau corak tidur yang menetap dalam jangka waktu yang relatif panjang,yang meliputi mulai dari tidur dan bangun, irama tidur, frekuensi dalam sehari, mempertahankan kondisi tidur dan kepuasan tidur. Gangguan tidur dapat menimbulkan beberapa efek pada pekerja seperti berfikir dan bekerja lebih lambat, membuat banyak kesalahan, sulit berkonsentrasi mengingat sesuatu.

Dalam agama Islam, Kita bisa menerapkan sebuah tips-tips tidur yang baik yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam yang sudah terbukti oleh para ahli kebenaran nya.

1. Tidur lebih awal dan tidak larut malam.

"Bahwasanya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam membenci tidur malam sebelum (shalat Isya') dan berbincang-bincang (yang tidak bermanfaat) setelahnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x