Mohon tunggu...
Dwi SafiatunRohmah
Dwi SafiatunRohmah Mohon Tunggu... Mahasiswa - a human being

Menulis artikel seputar bisnis, organisasi, dan ekonomi.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

7 Strategi Utama Organisasi di Masa Pandemi

24 Juli 2021   17:55 Diperbarui: 24 Juli 2021   18:23 92 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
7 Strategi Utama Organisasi di Masa Pandemi
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Di masa pandemi ini banyak organisasi yang pendapatannya menjadi menurun bahkan harus gulung tikar. Agar kegiatan dalam organisasi yang sedang dijalankan tetap dapat berjalan dengan baik kita perlu melakukan beberapa strategi yang mampu mempertahankan kelangsungan perusahaan sehingga dapat bersaing dengan para pesaing. 

Berikut 7 strategi yang harus kamu lakukan di masa pandemi agar organisasi dapat berjalan dengan baik :

1. Mengamati kondisi pasar

Mengamati kondisi pasar merupakan salah satu strategi yang wajib dilakukan oleh organisasi agar organisasi tidak gulung tikar. Di masa pandemi ini kita perlu melakukan observasi di lapangan untuk melihat apa saja peluang yang ada di pasaran, mengetahui tren yang tengah berkembang di masyarakat dan menjadi incaran dimana-mana. Sehingga kita bisa mengambil keputusan yang bijak yang akan mengurangi resiko kegagalan dan mengantisipasi kerugian yang mungkin terjadi. 

2. Berpikir kreatif dan inovatif terhadap keinginan pasar. 

Setelah melakukan riset terhadap keinginan pasar, kita bisa mengetahui apa yang sedang menjadi tren di pasar. Setelah melihat peluang yang ada dipasaran, kita juga harus bisa kreatif dan inovatif terhadap keinginan tersebut agar dapat memenangkan persaingan pasar. Perhatikan juga para pesaing yang ada, dengan memberikan inovasi atau pembaharuan yang tidak dimiliki produk lain, hal ini akan menjadi nilai lebih dibandingkan dengan produk lainnya. Sebuah organisasi tidak akan dapat bertahan lama jika tidak memiliki keunikan didalamnya, maka dari itu kreativitas dan inovasi merupakan hal yang penting yang harus dimiliki dalam organisasi.

3. Maksimalkan produktivitas SDM

Akibat dari adanya pandemi COVID-19, produktivitas SDM menjadi terhambat bahkan banyak pekerja yang kehilangan pekerjaannya. Dengan begitu, kondisi ini memaksa seluruh SDM untuk lebih meningkatkan skill secara maksimal sehingga dapat menjadi profit bagi organisasi. Misalnya, apabila SDM sebelumnya tidak memiliki skill untuk menggunakan teknologi, dengan kondisi ini SDM ditantang untuk meningkatkan skill berteknologi supaya organisasi tetap eksis di masa pandemi.

4. Optimalisasi penggunaan teknologi

Untuk menghindari penyebaran COVID-19, seluruh masyarakat di Indonesia diwajibkan melakukan sosial distancing, tak terkecuali para anggota organisasi. Hal tersebut bukan merupakan alasan untuk organisasi tidak berjalan. Kondisi ini menjadikan pelajaran untuk seluruh masyarakat Indonesia agar melek terhadap teknologi. Teknologi merupakan satu-satunya kunci untuk membangkitkan akitivitas masyarakat dari dampak pandemi. Sebagai SDM yang kreatif, hal Ini dapat dijadikan peluang dengan cara menggunakan teknologi secara tepat dan optimal supaya dapat meningkatkan profit organisasi baik dalam masa pandemi maupun pasca pandemi nantinya.

5. Membangun relasi dan kerja sama

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x