Mohon tunggu...
Dwi Rajani Putri
Dwi Rajani Putri Mohon Tunggu... Hai saya Dwi Rajani Putri Mahasiswa falkutas ilmu komunikasi universitas muhammadiyah riau

Hai saya Dwi Rajani Putri mahasiswa dari falkutas ilmu komunikasi universitas muhammadiyah riau

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pengikisan Etika Generasi Milinial yang Terjadi Saat Ini

21 Juni 2021   12:07 Diperbarui: 21 Juni 2021   12:12 20 1 0 Mohon Tunggu...

Seperti yang kita ketahui generasi yang  dikenal dengan sebutan generasi milenial dituntut untuk menjadi sebuah generasi perubahan untuk mengantarkan Indonesia menjadi negara maju. Generasi milenial ini sebagai penerus tonggak kepemimpinan bangsa ini, Namun terdapat adanya satu permasalahan yang diindikasikan menjadi sebab generasi milenial tidak dapat mewujudkan cita-cita bangsa tersebut.

Yaitu mengenai pengikisan etika generasi milinial yang terjadi saat ini di Negara Indonesia.etika pada generasi milenial saat ini menjadi permasalahan bagi generasi Milenial yang mana zaman milenial merupakan zaman dimana teknologi dan digital berkembang pesat, sehingga generasi milenial biasa disebut generasi instant.ketergantungan pada teknologi/gadget itu tidak salah, namun kita perlu menanggapinya dengan bijak. generasi milenial termasuk generasi yang cenderung memanfaatkan teknologi terkini. Sehingga sikap dan perilaku mereka menjurus kekinian.Terlalu mengabaikan kondisi sosial di sekitarnya, sebab lebih fokus dengan dunia digital (internet).

Masalah perilaku di tengah perkembangan digital yang dengan mudah diakses generasi milenial ibarat dua sisi mata pisau yang jika dimanfaatkan akan sangat berguna untuk membantu kemampuan bagi si penggunanya yang mana media saat ini menyajikan dan memberikan banyak informasi yang dibutuhkan oleh kebanyakan anak muda begitupun sebaliknya jika disalahgunakan akan merugikan baik si penggunanya maupun orang lain.

Krisis moral terjadi juga karena nilai-nilai Pancasila sekarang ini mulai luntur dan tidak lagi diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat. Pancasila yang seharusnya sebagai pedoman hidup dan falsafah bangsa kini hanya sebagai semboyan belaka. Dalam bertindak, kebanyakan orang sudah tidak mengindahkan asas Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, dan Keadilan. Jati diri bangsa sekarang ini telah luntur, sehingga timbul perilaku amoral yang merugikan orang lain dan membuat semakin terpuruknya negeri ini yaitu negara indonesia.

VIDEO PILIHAN