Mohon tunggu...
Dwi Purnawan
Dwi Purnawan Mohon Tunggu...

Lifetime learner | be a super dad | online jurno

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Transaksi Non Tunai Tingkatkan Kadar Keharmonisan Hubungan dengan Pasangan

6 Desember 2016   17:23 Diperbarui: 6 Desember 2016   19:04 113 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Transaksi Non Tunai Tingkatkan Kadar Keharmonisan Hubungan dengan Pasangan
Transaksi Non Tunai. (Foto: Dokumentasi Penulis)

PEMERINTAH Republik Indonesia (RI) melalui Bank Indonesia (BI) sedang menggalakkan program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Program ini bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai tata cara penggunaan transaksi non tunai. Diharapkan, melalui program ini masyarakat mulai terbiasa dan nyaman melakukan transaksi non tunai.

GNNT yang dicanangkan ini bisa jadi akan membantu menghemat anggaran nasional. Dampaknya, GNNT ini akan menstabilkan pertumbuhan perekonomian di Indonesia, dan pada akhirnya diharapkan bisa meningkatkan kemakmuran masyarakat. Kenapa demikian? Karena dengan adanya gerakan non tunai maka akan mengurangi daya konsumsi masyarakat yang tinggi analisisnya jika uang disaku banyak maka pengeluaran akan banyak pula.

Selain itu, GNNT secara sah akan bisa menekan laju inflasi seperti yang dapat kita ketahui jika jumlah uang beredar tinggi maka akan meningkatkan laju inflasi dan tidak akan ada lagi permasalahan mengenai rupiah.

Itu adalah manfaat secara makro yang dirasakan secara nasional. Disisi lain, ternyata ada juga lho, manfaat GNNT secara mikro, yakni bisa meningkatkan kadar keharmonisan dengan pasangan. Kok bisa?

Begini penjelasannya. Perlu diketahui bahwa ada 4 tips Anda untuk menjaga keharmonisan hubungan dengan pasangan, yakni menjadi romantis dengan si dia. Anda memerlukan perhatian, pandangan ke depan, dan kreativitas. Cara tersebut diantaranya memberikan hadiah yang spesial yang cocok dengan kepribadiannya, yang akan membuatnya sangat menghargainya.

Kemudian, Anda harus dapat membaca pikiran pasangan Anda dan mengetahui kapan ia membutuhkan bantuan Anda. Tips menjadi romantis ketiga adalah saling memberikan sentuhan perhatian, Anda akan merasa lebih romantis. Tidak peduli seberapa lama Anda menjalin hubungan, Anda sebaiknya memeluk, mencium dan menunjukkan perhatian Anda pada pasangan sesering mungkin untuk menunjukkan betapa Anda mencintai dia. Tips terakhir adalah jika Anda benar-benar ingin tumbuh dewasa sebagai pasangan, maka Anda harus selalu saling memberitahu seberapa besar Anda saling mencintai, dan seberapa spesial hubungan ini untuk Anda.

Nah, keempat tips itu akan terlaksana dengan baik, jika Anda memiliki banyak waktu dengan si dia. Dan transaksi non tunai memfasilitasi itu. Anda akan diajak untuk memiliki hidup lebih efisien, tidak dipusingkan oleh keruwetan dalam bertransaksi secara tunai. Misalnya, saat siang hari, Anda harus menjemput doi di tempat kerja, namun ternyata Anda masih harus mengantre untuk membayar tagihan air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di kantor.

Atau Anda harus mengantre di Bank, demi melakukan pembayaran itu semua. Bisa dipastikan jika aktivitas ini Anda terus lakukan, akan merongrong tingkat keharmonisan Anda dengan pasangan, sebab Anda akan sering terlambat menjemput dia. Waktu Anda habis di tempat duduk antre berjam-jam.

Saya sendiri merasakan pengalaman ini, antre ber jam-jam hanya demi membayar tagihan. Bukannya tidak mau antre, tapi lebih kepada mengedepankan efektifitas waktu kita. Kalau bisa digunakan untuk yang lain, kenapa kita buang-buang waktu hanya untuk antre? Benar-benar capek. Selain capek, cara seperti ini juga buang-buang waktu, lantaran harus ke Anjungan Tunai Mandiri (ATM), kemudian antre dalam waktu yang lumayan lama.

Alhamdulillah, dengan penyediaan infrastruktur yang mendukung gerakan tersebut, transaksi untuk tagihan seperti listrik, PDAM, internet, telepon pun bisa dilakukan dengan lebih efisien yakni secara non tunai. Apabila malas ke ATM, anda bisa melakukan transaksi lewat SMS Banking maupun Internet Banking.

Akan lain halnya jika Anda mulai memanfaatkan layanan non tunai yang saat ini terus digalakkan. Misalnya Anda memanfaatkan layanan setoran tunai untuk menyetor uang Anda, atau menggunakan internet banking untuk membayar tagihan bulanan Anda. Pasti hidup Anda lebih efisien, waktu Anda tak terbuang percuma, sehingga Anda bisa lebih banyak waktu untuk si dia. Hal ini akan berdampak terhadap peningkatan kadar keharmonisan dan romantisme hubungan Anda dengan pasangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN