Masa pandemi menjadi masa krisis bagi seluruh sektor, terutama sektor ekonomi. Tidak sedikit pelaku usaha yang melakukan PHK besar-besaran dan menutup usahanya. Hal ini membuktikan betapa dahsyatnya dampak covid-19 pada pelaku usaha baik usaha besar ataupun usaha kecil.Â
Berempati dengan kondisi saat ini Fakultas Teknologi Informasi, khususnya prodi Teknik Informatika bekerja sama dengan CV. Infinity Convection mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat untuk memberikan pelatihan pemanfaatan Facebook Ads sebagai platform digital untuk membantu memasarkan produk yang diproduksi (5/08/2020).Â
CV. Infinity Convections merupakan salah satu UMKM yang bergerak dibidang konfeksi. Semenjak masa pandemi tentunya produksi menjadi lesu karena permintaan dari konsumenpun berkurang. Daya beli yang berkurang membuat produksi berkurang dan berakibat pendapatan yang diperoleh pun berkurang.Â
Hal tersebut ditambah dengan adanya kebijakan social distancing yan berakibat pada proses jual beli yang terganggu. Solusi dari semua masalah itu adalah memanfaatkan teknologi salah satunya memanfaatkan facebook ads, kata Erfian.Â
Dengan facebook ads pelaku UMKM dapat memasang iklan dengan cakupan konsumen yang luas, dimana kita bisa menentukan range umur dan sebaran wilayah dari iklan yang kita publish, tentunya dengan harga yang sangat terjangkau, jika dibandingkan harus membuat spanduk atau pamflet. Saat ini pemasaran dengan memanfaatkan teknologi akan jauh lebih efisien, tambahnya.Â
Terlebih dimasa pandemi saat ini aktivitas masyarakat lebih banyak dihabiskan di social media, hal ini tentu jadi peluang yang harus dimanfaatkan pelaku UMKM atau pelaku usaha untuk tetap bertahan ditengah keterbatasan dan hambatan.Â