Mohon tunggu...
Dwinna SastraMutia
Dwinna SastraMutia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Edukasi

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pemanfaatan Media Sosial dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

24 Januari 2022   19:30 Diperbarui: 24 Januari 2022   19:38 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pandemi covid-19 merupakan peristiwa menyebarnya penyakit yang menyerang di seluruh dunia. Pandemi covid-19 ini berdampak besar, salah satunya di dunia pendidikan yang di mana pendidik harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan  meskipun peserta didik berada di rumah.

Salah satu media yang dapat dimanfaatkan untuk melaksanakan proses pembelajaran saat ini yaitu menggunakan media sosial. Saat ini, media sosial merupakan peranan penting dalam proses pembelajaran, yang di mana media sosial ini memberikan kemudahan dalam berkomunikasi. Banyak media sosial yang sudah dimanfaatkan seperti WhatsApp,Telegram ataupun aplikasi Zoom dan Google Meet. 

Pendidik dituntut untuk membuat media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (Online). Sistem pembelajaran ini dilaksanakan melalui perangkat laptop atau handphone yang terhubung dengan koneksi jaringan internet. 

Pemanfaatan media sosial dalam masa belajar dari rumah bagi pelajar digunakan oleh guru dalam memberikan informasi terkait dengan materi pembelajaran yang harus digunakan dan untuk pengumpulan tugas yang diberikan oleh guru.

Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi penggunaan media sosial tetapi tidak sepenuhnya dengan media sosial harus dilakukan dengan cara pembelajaran Hybrid  Learning, yang merupakan pembelajaran secara daring dan luring. 

Di mana pada kondisi sangat tidak memungkinkan untuk kembali ke kondisi sebelumnya yaitu pembelajaran seutuhnya pertemuan tatap muka. Maka dari itu, Hybrid Learning ini cocok untuk dilaksanakan selama pandemi ini berlangsung. 

Di mana yang pro terhadap pembelajaran daring tetap bisa melaksanakan belajar mengajar sesuai dengan keinginannya, dan yang pro terhadap pembelajaran luring atau offline ini juga dapat melaksanakan belajar mengajar sesuai dengan keinginannya. Disamping itu proses belajar mengajar tetap berjalan sesuai dengan protokol kesehatan yang di mana terdapat pembatasan jarak antara satu dengan yang lainnya.

Adapun dampak negatif dan positif nya, untuk dampak positif nya yaitu anak memiliki banyak waktu dirumah bersama keluarga, dapat diawasi langsung oleh orang tua nya. Dampak negatif nya yaitu turunnya capaian belajar, keterbatasan gawai dan kuota internet sebagai fasilitas penunjang belajar daring, kurang nya bersosialisasi, dan anak berisiko kehilangan pembelajaran atau Learning Loss.

Maka dari itu media sosial memiliki peranan penting terhadap pelaksanaan pembelajaran di saat pandemi covid-19 seperti saat ini. Media sosial ini berperan sebagai interaksi antara pendidik dengan peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran daring.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun