Mohon tunggu...
Dwiniarmujibridwan
Dwiniarmujibridwan Mohon Tunggu... Jadilah diri sendiri

Micin

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Filsafat Pendidikan Eksistensialisme

7 Mei 2020   07:48 Diperbarui: 7 Mei 2020   07:50 14 0 0 Mohon Tunggu...

A. Pengertian eksistensialisme

Eksistensialisme dalam kamus besar bahasa indonesia atau KBBI eksistensi adalah berada, dan secara istilah eksistensialisme merupakan pola pikir yang mengutamakan kebebasan untuk memilih dan tanggung jawab terhadap makna hidup masing-masing individu. Eksistensialisme lahir pada abad ke-19 pasca perang. 

B. Tokoh eksistensialisme

1. Jean paul s. Merupakan filsuf eksistensialisme yang berhasil membuat aliran ini terkenal. Jean paul s. Merupakan pelopor eksistensialisme di francis dan jean mengemukakan bahwa eksistensialisme lebih dulu ada di banding eksistensi. 

2. Souren k. Seorang filsuf denmark  yang mengatakan bahwa hidup bukanlah sekedar sesuatu yang di pikirkan melainkan sesuatau yang di hayati. 

3. Martin B. Filsuf german, martin mengemukakan atau menerangkan nilai eksistensialisme bukanlah persoalan murni individualis semata melainkan dalam pemahaman kita mengenai nilai eksistensialisme manusia adalah relasi. 

4. Martin H. Seorang filsuf german, martin terkenal sebagai seorang filsuf dalam madzhab pemikiran eksistensialisme. 

5. Gabriel M. Filsuf francis, gabriel mengatakan bahwa manusia tidak dapat hidup sendiri melainkan membutuhkan orang lain tetapi manusia juga memiliki kebebasan yang bersifat otonom. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x