Mohon tunggu...
Dwi Marfuji
Dwi Marfuji Mohon Tunggu... Runner, pingin hidup sehat dan syukur manfaat buat orang lain

Sesantai gambarnya...\r\n\r\n@dwimarfuji

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

5 Tips Merawat Mesin Kendaraan Biar Gak Keseringan Masuk Bengkel

17 Agustus 2019   23:20 Diperbarui: 17 Agustus 2019   23:26 13 0 0 Mohon Tunggu...
5 Tips Merawat Mesin Kendaraan Biar Gak Keseringan Masuk Bengkel
doc. Shell.co.id

Siapa sih yang gak pingin nyaman dalam berkendara? Berkendara menjadi sesuatu yang menyenangkan

saat mesin kendaraan memiliki performa maksimal. Dibalik setiap peforma maksimal tentunya ada hal-hal yang perlu dilakukan dalam merawat mesin kendaraan. Berikut ini 5 Tips merawat mesin kendaraan

1. Bersihkan busi
Tampaknya busi merupakan bagian sepele pada motor. Namun benda kecil ini memiliki peranan penting dalam performa motor anda. Busi yang kotor akan membuat mesin motor terasa tak nyaman. Bersihkan busi sebelum anda berkendara akan sangat membantu. Terlebih saat anda akan melakukan perjalanan jauh. Pilihan terbaiknya ialah bersihkan busi berkala secara konsisiten. Selain mencegah busi kotor berkarat juga meminimalkan terjadinya macet mesin saat berkendara.

2. Kencangkan Rantai Kendaraan
Gear-Rantai kendaraan yang terawat memberikan kenyamanan tersendiri dalam berkendara. Ketika rantai kencang otomatis membantu gear bekerja lebih maksimal. Berbeda saat rantai kendor, ditambah mata gear sudah mulai tumpul, bisa dipastikan rantai kadang bisa lepas sendiri. Untuk itu sebaiknya minimal sebulan sekali kencangkan rantai pada motor.

3. Bersihkan Karburator

Suara mesin yang jernih berasal dari karburtor yang bersih. Karburator yang kurang bersih membuat suara mesin kurang enak didengar. Tarikan motor pun agak sedikit terimbas. Bersihkan karburator secara berkala dan dapatkan suara mesin yang jernih.

4. Pemakaian yang santun dan terukur

Apabila kendaraan anda merupakan kendaraan bermotor harian yang dirancang untuk kebutuhan sehari-hari, sebaiknya tidak digunakan untuk kegiatan yang melebihi dari itu. Motor standar sebaik apapun mesinnya bakal kalah saat digunakan secara berlebihan. Gunakan seperti petunjuk cara pemakaian yang tertera pada buku pedoman perawatan dan penggunaan.

5. Gunakan Bahan Bakar yang bisa membersihkan mesin

Ada bebagai jenis bahan bakar namun sedikit yang memiliki kemampuan untuk membersihkan mesin dari sisa-sisa endapan. Shell, produsen bahan bakar kelas dunia hadir dengan v-power. Formula double actionnya langsung aktif saat pengisian pertama kali. Teknologi Dynaflexnya langsung bekerja secara aktif melenyapkan sisa endapan dalam mesin sekaligus molekul yang terkandung di dalamnya membantu
mengurangi gesekan sehingga kerja piston ditengah mesin memiliki performa maksimal.

Teknologi ini merupakan formulasi terbaru yang dipercaya ampuh dan hanya bisa didapatkan dalam bahan bakar Shell V-power saja.

SPBU Shell Indonesia doc. Shell.co.id
SPBU Shell Indonesia doc. Shell.co.id

Tips-tips di atas merupakan hal sederhana yang cuup mudah dilakukan dalam usaha merawat mesin kendaraan. Otomatis jika dilakukan life time akan lebih lama dan mesin terawat maksimal. Bagian tips yang ke-5 atau yang terakhir terutama. Minimal kerak di dapur pacu terkurangi sehingga tak akan
gampang turun mesin.

Motor dapat dipakai lebih lama, pengeluaran lebih terkendali, apabila dijual maka harga jual kembali masih tetap tinggi serta masih ada sejuta kebaikan lainnya lagi yang didapat saat mesin kendaraan terawat dengan benar. Selamat mencoba.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x