Mohon tunggu...
Dwi Marfuji
Dwi Marfuji Mohon Tunggu... Runner, pingin hidup sehat dan syukur manfaat buat orang lain

Sesantai gambarnya...\r\n\r\n@dwimarfuji

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Plogging di Pantai Glagah

16 Februari 2019   10:32 Diperbarui: 20 Februari 2019   08:35 32 11 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Plogging di Pantai Glagah
Pantai Glagah, lokasi tropicolorun, 24 Februari 2019 doc.shutterstock

Apa itu Plogging? Bagi beberapa orang istilah ini belum begitu familiar, Bagaiamana dengan anda? apakah sama? atau bahkan kata ini baru pertama kali anda dengar. Plogging  secara sederhana ialah olahraga perpaduan lari dan picking up litter.

Kegiatan kebugaran ini memang belum lazim di Indonesia, namun kegiatan lari sambil memungut sampah yang ditemukan sepanjang lintasan ini selain menyehatkan juga  memberikan dampak yang nyata bagi lingkungan. 

Plogging juga merupakan satu dari beberapa cara menikmati pemandangan yang terbaik. Saat ini memang event yang mengkhususkan bertema plogging memang belum banyak. Salah satu cara agar kita bisa menggaungkan  challange ini adalah dengan mengikuti acara lari yang sudah banyak digelar sambil membawa kantung penyimpan sampah, dan picking up liter.

Percaya, ini kini lebih mudah. Ditambah kini lari sudah menjadi gaya hidup yang makin populer di masyarakat. Dulu lari termasuk hal yang mewah, pelaksanaan event lari pun biasanya hanya digelar di pusat-pusat kota besar namun kini di kota-kota kecil, bahkan di kawasan pinggiran pun mulai digalakan agenda-agenda lari. Masyarakat sehat dan tentunya akan lebih perfect saat lingkungan bersih, bebas dari sampah. Dari sanalah semangat plogging bermula.

Pantai Glagah, lokasi tropicolorun 24 Februari 2019 doc.shutterstock
Pantai Glagah, lokasi tropicolorun 24 Februari 2019 doc.shutterstock
Pada bulan ini ada dua Kompetisi marathon dan half marathon  yang akan digelar di pantai selatan Jogja. Satu di Pantai depok dan satu lainnya di Pantai Glagah, untuk acara di Depok dengan tema Coast Nigt Ultra Trail 2019start tinggal hitungan jam lagi. Pendaftaran peserta sudah ditutup bulan Januari lalu, namun untuk yang minggu depan 24 Februari 2019 masih dibuka. Setidaknya hingga kuota Glagah Tropicolorun terpenuhi.

pantai Depok doc.shutterstock
pantai Depok doc.shutterstock
Baik, sekarang sudahkah anda mulai tertarik dengan challenge ini?

 sampai ketemu ditulisan berikutnya

Salam

Dwi, Sahabat kompasianermu

VIDEO PILIHAN