Mohon tunggu...
Dwi Lindah Permatasari
Dwi Lindah Permatasari Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

Writing enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Seminar atau Webinar, Kalian Suka yang Mana?

16 Juli 2022   18:58 Diperbarui: 16 Juli 2022   19:03 85 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber foto: freepik.com/wirestock

Transformasi digital di era generasi Z berkembang sangat cepat. Berbagai teknologi berbasis internet terus bertambah seiring dengan terciptanya inovasi baru setiap harinya. Kini, segala aktivitas manusia dapat dilakukan dengan lebih mudah dengan dukungan internet. 

Telkom Indonesia adalah salah satu perusahaan penyedia layanan internet yang mendukung penuh berkembangnya teknologi digital, contohnya dengan adanya layanan IndiHome untuk berbagai keperluan. Layanan IndiHome sebagai internetnya Indonesia sangat bermanfaat bagi semua orang termasuk aku.

Berbagai aktivitas mulai dari aktivitas pembelajaran hingga acara seminar sekalipun dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi internet. Siapa, sih, yang tidak tau apa itu seminar? Seminar adalah suatu kegiatan pertemuan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang memiliki tema dan tujuan tertentu. Sejak jaman dulu, seminar dilakukan dengan mengumpulkan beberapa orang atau peserta dalam suatu ruang atau gedung pertemuan.

Saat masih duduk di bangku perkuliahan, aku sangat suka mengikuti acara seminar. Aku bisa mengisi waktu luang dengan hal-hal positif seperti acara seminar. 

Dengan mengikuti seminar, aku bisa mendapatkan ilmu baru, aku juga bisa mendapatkan konsumsi gratis, loh. Selain itu kita juga diberikan seminar kit yang berisi block note dan alat tulis untuk mencatat materi yang disampaikan. Beberapa acara seminar juga memberikan print out dari materi yang disampaikan. Sangat menyenangkan, bukan?

Kehadiran teknologi internet saat ini semakin mempermudah penyelenggaraan acara seminar. Manfaat internet salah satunya adalah mampu menghubungkan manusia satu dengan manusia lainnya yang terpisah jarak yang jauh dan tidak bisa bertatap muka secara langsung. Komunikasi melalui internet sangat memudahkan berbagai pekerjaan kita. 

Apabila transformasi digital telah berkembang pesat, kegiatan seminar juga ikut bertransformasi menjadi Webinar. Singkat kata, webinar adalah kegiatan seminar yang memanfaatkan koneksi internet untuk media komunikasi jarak jauh. Webinar dilakukan dengan menggunakan ruang digital untuk mempertemukan para peserta dan pemateri. 

Bedanya, disini kita tidak mendapatkan konsumsi selayaknya seminar offline. Selain itu penyampaian materi dilakukan dengan menyiarkan media presentasi dan audio yang harus didukung penuh oleh kestabilan koneksi internet.

Dibandingkan seminar, saat ini, ada lebih banyak  acara webinar yang diselenggarakan oleh berbagai stakeholder. Yang sering aku ikuti adalah webinar yang diadakan oleh perusahaan. Ada banyak perusahaan yang membuat acara webinar seputar cara mencari kerja, cara menyusun riwayat hidup yang baik, dan sebagainya. 

Melalui acara webinar juga bisa dijadikan sebagai media promosi perusahaan untuk memperkenalkan perusahaannya kepada kita. Aku sebagai pencari kerja merasa cukup terbantu dengan adanya webinar ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan