Mohon tunggu...
DWI JOKO SUSILO
DWI JOKO SUSILO Mohon Tunggu... Freelancer - Profil

A blogger with interest in finance, taxation, leadership, business.

Selanjutnya

Tutup

Financial

Cara Menghemat Uang Setiap Bulan

3 Maret 2020   16:09 Diperbarui: 3 Maret 2020   16:19 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Rutinkan Mencatat

Cara untuk menghemat uang belanja bulanan sangat praktis sekarang ini karena banyak aplikasi-aplikasi yang digunakan tinggal kitanya aja lebih rajin untuk mencatat setiap harinya.

Aplikasi Android  yang saya gunakan sangat sederhana yaitu Google Keep dan Catatan Keuangan.

Jadi aplikasi ini hanyalah alat bagi kita untuk membantu membentuk kebiasaan mencatat. Setiap hari saya dan istri mencoba mengingat pengeluaran hari itu dan mencatatnya di Google Keep. Nah kalo sempat baru saya rekam lagi di Catatan Keuangan. 

Aplikasi Google Keep terbilang sederhana namun powerful. Acapkali saya sering pakai untuk mencatat apa saja dan bisa saya akses melalui website di komputer kantor di keep.google.com. Saking sederhananya untuk mencatat pengeluaran harian biasanya saya cuman menulis tanggal dan nama pengeluaran/pemasukan dan nominal dalam ribuan.

Contoh penulisan

12 Jan- 17 Jan

12 Jan

makan 12

bensin 20

bayar utang 20

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun