Mohon tunggu...
Dwi fajarwati
Dwi fajarwati Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Mahasiswi Program Studi Hubungan Internasional Universitas Potensi Utama

Mahasiswa Hubungan Internasional Unversitas Potensi Utama Medan. Putri Kedua dari Pasangan Bpk. Adi Pranata dan Ibu. Tuti Irawati

Selanjutnya

Tutup

Money

Berusaha untuk Hidup ke Depan yang Lebih Baik

27 September 2020   11:04 Diperbarui: 27 September 2020   11:06 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
library.binus.ac.id

Assalamualaikum....

Hai teman-teman. Selamat datang di blog aku. Gimana kabarnya? Semoga dalam keadaan sehat semua ya

Nahh kali ini, aku akan bahas tentang bisnis terus nih. Siapa sih yang gamau bisnis nya sukses. Pasti semua orang mau kan ya. Ngomongin soal bisnis, setia orang, setiap kelompok pasti punya kendalanya masing-masing, keuntungannya masing-masing. Jadi, aku mau buat sebuah deskripsi tentang diri aku dengan konsep SWOT. Kalian pada tau gak SWOT itu apa? Yukkk kita bahas sedikit tentang SWOT.


Untuk menganilisis diri aku sendiri aku menggunakan konsep ini dalam berbisnis. Nah, pada kolom (S) Strength yang berarti kekuatan. Setiap orang pasti memiliki masing-masing kekuatan dalam berbisnis. Mau itu kekuatan tekad, kekuatan dalam bersaing atau lain sebagainya. Kalau didiri aku sendiri, kekuatan aku dalam berbisnis membuat suatu rancangan kedepannya bagaimana mengatur pasar-pasar dagangan yang nantinya akan di edarkan. 

Lalu, mempunyai aset yang saya miliki sewaktu masih menjalani online shop seperti pelanggan, memiliki harga yang lebih murah dibanding pesaing yang lain. Sehingga, pelanggan tertarik untuk berbelanja kepada kita. Untuk (W) W eaknesses yang berarti kelemahan, kelemahan ini merupakan strategi apa yang perlu saya perbaiki dalam dalam menjadi bisnis saya. nah kalau didiri saya sendiri, dengan penggunaan sistem COD (Cash On Delivery) menurut saya ada bagus nya dan tidak. 

Sebaiknya strategi saya ini saya ubah menjadi membayar setengahnya dari harga barang yang akan diorder. Sementara pada kolom (O) Opportunities merupakan peluang bagi saya bagamana untuk mampu bersaing dengan online shop yang lain. Peluangnya ialah selalu mengikuti tren-tren yang terus berubah. 

Apalagi tren-tren anak muda yang saat ini selalu mengikuti zaman. yang terakhir yaitu (T) Threats merupakan ancaman dari luar. nahh ancaman ini bisa datang dari pemasok barang online shop saya. seperti orderan pelanggan yang tidak dapat terpenuhi dikarena stok barang dari pusat yang habis. hal ini dapat menjadi ancaman bisnis saya jika pelanggan nanti pindah ke online shop yang lain. 

nahh jadi itu analisis tentang diri aku sendiri dengan menggunakan konsep SWOT. 

terima kasih atas kunjungannya di blog saya. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun