Mohon tunggu...
Dwi Endah NA
Dwi Endah NA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Pejuang Ilmu

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mahasiswa UM Ciptakan Media Pembelajaran Puzzlewiyata Berbasis Educational Game Tools

21 Agustus 2021   23:10 Diperbarui: 21 Agustus 2021   23:27 402
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Produk Puzzlewiyata dengan Tema Biografi Ir. Soekarno

Malang (21/8) -- Sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) mengembangkan sebuah inovasi berupa media pembelajaran berbasis educational game tools untuk membantu meningkatkan character building pada anak dengan nama puzzlewiyata. Puzzlewiyata merupakan permainan puzzle yang diperuntukkan untuk anak-anak mulai dari kelas 1 hingga kelas 5 Sekolah Dasar (SD). Puzzlewiyata di-design dengan mengedepankan tema edukatif yang memiliki tiga kategori besar yaitu tokoh pahlawan nasional, tokoh pahlawan keagamaan, dan sejarah nasional. Tema tersebut ditentukan dengan mempertimbangkan masa perkembangan anak dalam mendukung kegiatan belajar sambil bermain.

Puzzle sendiri merupakan permainan tradisional yang dapat mengasah kemampuan motorik dan kognitif anak. Tidak hanya itu, Tim puzzlewiyata telah menambahkan inovasi berupa narasi singkat dan QR Code pada bagian belakang puzzle dengan tema yang sama. QR Code nantinya akan berisi video animasi yang dapat di-scan oleh pengguna. Penambahan video animasi tersebut bertujuan untuk mendukung video based learning guna memudahkan anak-anak dalam pembelajaran dan penambahan narasi singkat bertujuan untuk meningkatkan minat literasi pada anak.

"Dengan adanya media pembelajaran puzzlewiyata, diharapkan anak-anak dapat menanamkan character building sejak dini dan dapat lebih mengenal tokoh pahlawan serta mengambil hal-hal positif yang dapat diteladani dari seorang tokoh pahlawan," ujar Gusti, salah satu anggota Tim Puzzlewiyata. Menurutnya, menanamkan character building kepada anak penting untuk dilakukan apalagi di era perkembangan teknologi yang pesat seperti saat ini. Anak-anak dituntut menjadi pengguna aktif smartphone untuk pembelajaran jarak jauh di masa pandemi. Dengan berbagai fitur yang ada di smartphone, dikhawatirkan akan menjadi pintu masuk bagi anak-anak untuk mengakses media sosial, permainan, dan fitur lain yang belum sesuai dengan usianya sehingga menghambat tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, perlu media character building yang menarik bagi anak-anak agar dapat meminimalisir risiko yang mungkin terjadi.

Tim Puzzlewiyata telah melakukan produksi perdana dengan mengangkat tema tokoh pahlawan nasional yaitu Ir. Soekarno. Dari tema inilah, Tim Puzzlewiyata berharap dapat menanamkan pendidikan karakter anak melalui kisah hidup Ir. Soekarno yang inspiratif sehingga anak-anak dapat meneladaninya. Dengan tiga manfaat dalam satu produk yaitu puzzle, narasi singkat, dan video animasi yang dikonversi dalam QR Code diharapkan dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan seru.

Media pembelajaran puzzlewiyata dikembangkan oleh lima mahasiswa yang yang terdiri dari Hendry Cahyono (Akuntansi 2018), Gracia Angelina Nawang Wulan (Akuntansi 2018), Gusti B'tari Artichah (Akuntansi 2018), Ailsa Salsabila Cahyaningtyas (Teknologi Pendidikan 2018) dan Paskalius Andreanus (Design Komunikasi Visual 2019) di bawah bimbingan Bapak Muhammad Iqbal Firdaus, Dosen Jurusan Akuntansi. Masing-masing anggota tim memiliki peran, tugas, dan tanggung jawab dalam mengembangkan produk puzzlewiyata agar dapat bermanfaat bagi para pengguna.

Dengan inovasi yang unik ini, tim puzzlewiyata berhasil meraih pendanaan dari Kemendikbudristek pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Kewirausahaan tahun 2021. Oleh karena itu, sejak pertama launching puzzlewiyata pada 20 Juli 2021, Tim Puzzlewiyata bertekad akan terus mengembangkan tema-tema baru dan menarik sesuai dengan karakteristik anak.

Perwakilan Tim Puzzlewiyata Bersama dengan Kepala Sekolah SDN Gadang 3 Malang
Perwakilan Tim Puzzlewiyata Bersama dengan Kepala Sekolah SDN Gadang 3 Malang

Saat ini, tim puzzlewiyata sedang berupaya untuk memperluas pasar melalui kerja sama dengan sekolah-sekolah yang berada di Jawa Timur. Tim puzzlewiyata juga aktif di berbagai event yang melibatkan anak-anak SD. Dengan memperluas jangkauan pasar, diharapkan semakin banyak anak yang menggunakan produk dari Puzzlewiyata sebagai media character building sehingga anak-anak dapat memiliki karakter yang berbudi pekerti, nasionalisme yang tinggi, dan cinta tanah air.

Penulis            : Ailsa Salsabila Cahyaningtyas & Gusti B'tari Artichah

Editor              : Dwi Endah Ni'matul Amalia

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun