Mohon tunggu...
Dwi Endah NA
Dwi Endah NA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Pejuang Ilmu

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN UNDIP Melakukan Edukasi Cinta Diri Sendiri sebagai Upaya Melawan Covid-19

2 Agustus 2021   02:43 Diperbarui: 2 Agustus 2021   05:55 33 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN UNDIP Melakukan Edukasi Cinta Diri Sendiri sebagai Upaya Melawan Covid-19
Pemasangan Poster (dokpri)

 Semarang (1/8) -- Pandemi Covid-19 tidak bisa dipungkiri telah membuat banyak perubahan dalam berbagai aspek kehidupan. Tatanan hidup masyarakat berubah, mobilitas mesti dibatasi, dan pertemuan lebih banyak dilakukan secara virtual. Kondisi semacam ini masih membuat sebagian besar orang tidak siap meskipun pandemi telah berjalan 1,5 tahun. Tidak jarang orang-orang yang masih mengabaikan protokol kesehatan dengan berbagai argumen subyektif atau termakan isu yang beredar. Hal ini seringkali membuat orang menjadi kepikiran, ketakutan, bahkan tidak bisa mengontrol emosi. Padahal keadaan yang demikian dapat memicu penurunan imun tubuh.

 Sistem imun adalah sistem daya tahan tubuh terhadap substansi asing yang masuk ke tubuh. Di masa pandemi Covid-19 sekarang ini, menajaga imun tubuh merupakan salah satu cara yang sangat penting agar terhindar dari infeksi atau penularan virus. Melihat kondisi yang demikian, mahasiswa KKN UNDIP bernama Dwi Endah Ni'matul Amalia merasa prihatin. Perempuan dari departemen fisika yang dibimbing oleh Dr. Amirudin, M.A. berinisiatif melakukan edukasi tentang cara menjaga imun tubuh di tengah pandemi Covid-19. Menjaga kesehatan diri dari segala penyakit dan virus merupakan salah satu bukti mencintai diri sendiri. Oleh karena itu, dia membuat program tersebut yang disambut baik oleh Ketua RW 6 Kelurahan Bendan Dhuwur, Kecamatan Gajahmungkur.

 Dalam melaksanakan program ini, perempuan yang berasal dari Pemalang menyampaikan edukasi secara ringkas kepada sebagian masyarakat. Adapun cara menjaga imun tubuh di tengah pandemi Covid-19 meliputi mengonsumsi buah-buahan dan sayuran, olahraga secara rutin, banyak minum air mineral, mengelola stres dengan baik, dan rajin mencuci tangan. Didampingi Pak Sudiyoto selaku Ketua RW 6, dia memasang lima lembar poster di titik yang sering dilewati warga. Sosialisasi melalui media poster seperti ini mendapat apresiasi yang baik dari warga, dengan adanya penjelasan ringkas dan didukung gambar menjadi daya tarik.

Testimoni bersama Pak Sudiyoto (dokrpi)
Testimoni bersama Pak Sudiyoto (dokrpi)

 "Saya mewakili warga RW 6 mengucapkan terima kasih karena kami banyak dibantu mengenai informasi yang positif." ucap Pak Sudiyoto.

 "Program yang dilakukan sudah bagus dan informasinya bermanfaat, saya mengucapkan terima kasih. Untuk protokol kesehatan juga diterapkan dengan baik." tanggapan Bu Dian.

 

Penulis  : Dwi Endah Ni'matul Amalia

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x