Mohon tunggu...
Ign Joko Dwiatmoko
Ign Joko Dwiatmoko Mohon Tunggu... Guru - Yakini Saja Apa Kata Hatimu

Jagad kata

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Hoaks, Guru, dan Kegagalan Pendidikan

30 Mei 2019   17:34 Diperbarui: 31 Mei 2019   14:18 784
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Abraham, guru mata pelajaran IPS tengah mengajarkan tentang peta dunia kepada muridnya di SMPN 74, Rawamangun, Jakarta, Selasa (11/8/2015). Abraham banyak menyisipkan tugas praktek ke lapangan kepada muridnya dalam metode mengajar, sehingga siswa dirangsang untuk praktis dan kreatif. Kemdikbud akan membuat kebijakan untuk meningkatkan profesionalisme guru lewat penilaian kinerja dan kompetensi serta pengembangan keprofesian berkelanjutan.(KOMPAS/RIZA FATHONI)

Saya seorang guru, selama belasan tahun hidup bekerja dalam lingkup pendidikan dan sebelumnya sejak lahir di dunia hampir 49 tahun lalu tahu hidup sebagai anak guru, cucu seorang guru dan bahkan buyut sayapun guru. 

Otomatis sejak penjajahan keluarga saya memang sudah mempunyai "gen" guru. Kakek seorang mantri guru atau katakanlah kepala sekolah zaman Soekarno, Ayah seorang guru, kepala sekolah dan pensiun sebagai pengawas sekolah. 

Ibu saya juga guru adik saya juga guru, komplit sudah bahwa latar belakang guru memang mendarah daging. Kekayaan terbesar di rumah adalah buku-buku. Untuk itu sejak kecil saya sudah mengenal Kompas dan Intisari. Kakek saya mempunyai buku-buku berbahasa Belanda, nenek saya mahir bahasa Belanda.

Mengingat Tentang Suka duka Orangtua Guru

Kalau saya menulis tentang guru tentu tidak akan sulit, tetapi apakah sebagai anak guru otomatis saya mempunyai bibit sebagai guru yang baik? Saya katakan bahwa saya sebetulnya tidak pernah mempunyai cita-cita sebagai guru. 

Sejak awal saya mengenal buku dan dari buku itu sudah terbayang saya akan hidup sebagai penulis atau wartawan. Tapi ternyata saya tidak cukup mampu dan mempunyai mental cukup untuk menjadi wartawan. 

Akhirnya saya kembali terdampar sebagai guru dan saya menikmatinya sampai sekarang. Lalu apa hubungannya dengan judul yang saya buat, "Hoaks, Guru, dan Kegagalan Pendidikan?"

Sejak belajar di IKIP saya sudah merasa bahwa pendidikan guru bukanlah pilihan pertama. Pendidikan guru itu bukan tujuan utama anak SMA atau kejuruan. 

Alasan pertama karena meskipun pegawai negeri betapa susahnya hidup sebagai guru (Ketika masih kecil bahkan setiap bulan orangtua selalu minus gajinya untuk menanggung utang- utang setiap bulan. Untung saja hidup di desa jadi makan keseharian bisa ditutup dengan hasil pertanian, cukup untuk memenuhi kebutuhan untuk makan sebulan). 

Guru dengan pekerjaan seabreg tidak bisa mengandalkan gaji untuk makan sehari- hari. Padahal guru adalah pekerjaan yang paling dekat dengan pembentukan karakter, mengarahkan siswa untuk menjadi cerdas bukan hanya cerdas pikiran namun juga cerdas rohani.

Nasional kompas.com
Nasional kompas.com
Guru dan Pendidikan Karakter

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun