Mohon tunggu...
Dwi AryaAndini
Dwi AryaAndini Mohon Tunggu... Lainnya - Ahmad Wahidi

Dwi Arya andini¹,Ahmad Wahidi²

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Etika Bermasyarakat dalam Islam

5 Desember 2021   11:10 Diperbarui: 5 Desember 2021   11:31 196 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

    1. Pengertian Etika    

          Etika dalam kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang baru, Etika dijelaskan  dengan membedakan tiga arti , yaitu yang pertama ilmu tentang apa yang baik dan buruk dan tentang hak dan kewajiban moral, yang kedua yakni kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak dan yang terakhir tentang nilai benar dan salah yang dianut oleh masyarakat.

        Penjelasan diatas menunjukkan bahwa etika itu baik dan buruk suatu perilaku yang di atur oleh nilai-nilai tertentu di masyarakat. Tak luput dalam pandangan islam ada beberapa etika dalam bermasyarakat yang di atur oleh islam, sebagai mana yang di sebutkan bahwa islam adalah agama yang penuh rahmat dan membawa kedamaian, dimana hal sekompleks itu di atur oleh islam, mengatur bagaimana seharusnya kita mengambil sikap terhadap lingkungan sekitar yang man ruang lingkup tersebut bukan berhubungan dengan alam tetapi tentang hubungan sosial dalam bermasyarakat. 

2. Etika dan prinsip Etika Bermasyarakat dalam islam 

        Seperti yang kita ketahui manusia adalah makhluk sosial yang tak dapat hidup sendiri dan memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri, menjalin hubungan yang baik dan memiliki akhlak yang baik, di butuhkan dalam menjalin silaturahmi satu sama lain Islam sangat memperhatikan tentang bagaimana seseorang muslim bersikap dengan oramg orang yang ada di sekitar nya, berikut etika yang di ajarkan islam dalam kehidupan bermasyarakat:

1. Etika bertetangga 

           Hal yang paling dekat dengan kita setelah keluarga yang ada di rumah adalah tetangga kita, hidup rukun dengan menjaga etika kita dalam bertetangga sangat penting. Dalam islam sangat di larang untuk kita bermusuhan dalam bertetangga atau pun membuat tetangga tidak nyaman dengan kita. Kota dianjurkan untuk senantiasa berturkata baik terhadap tetangga , memuliakan tetangga, menjalin hubungan baik dengan tetanggga.Kita di anjurkan memulikan tetanggga berbagi makanan, bertukar hadiah bertutur sopan tidak bersikap arogan dan lainya. 

sebagaimana Hadits nabi yang artinya 

"Barang siapa yang beriman kepada allah dan hari kiamat maka hendaklah memulialan tetangganya(H.R Bukhori)

beberapa hal di anggap tidak beretika yakni membuat suara yang gaduh seberti menyetel musik dengan keras sehingga membuat tetangga risih, membuat kotor fasilitas umum yang di pakai bersama, berkata kasar kepada tetangga.  

sebagaimana dalam Q.S ali imran ayat 134 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan