Mohon tunggu...
D. A. Kurniawan
D. A. Kurniawan Mohon Tunggu... Konsultan - pembelajar sepanjang hayat

pekerja biasa

Selanjutnya

Tutup

Money

Hati-hati Belanja Hp Online

21 Januari 2020   12:34 Diperbarui: 21 Januari 2020   16:03 1243
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya ingin menuliskan pengalaman tertipu ketika belanja HP online di salah satu situs jual beli terkemuka di Indonesia. Berawal ketika ingin ganti HP dengan harga relatif miring, saya mencari di toko online dan mendapati beberapa tawaran yang cukup murah, hingga diskon 70%. 

Meskipun sebenarnya tidak masuk akal, tapi dari percakapan awal melalui WA saya diyakinkan kalau sedang ada program promosi. Memang si penjual mengarahkan komunikasi melalui WA, sehingga transaksi terjadi di luar sistem jual beli online tersebut. Inilah kesalahan yang menjadi pengalaman berharga buat saya sehingga tidak mengulangi di masa mendatang. 

Melalui WA juga beberapa kali penjual menanyakan kapan akan ditransfer, karena ada beberapa calon pembeli lain yang sudah menanyakan. Transfer pertama ke rekening ATM penjual di CIMB Niaga melalui ATM BNI gagal entah kenapa, sehingga kemudian saya transfer melalui ATM BCA yang akhirnya sukses. 

Slip transfer menunjukkan bahwa nama penerima adalah mirip dengan situs jual beli terkemuka tersebut, yaitu OVO TOKO PEDIA, sebagaimana gambar berikut: 

Sampai saat itu saya masih yakin bahwa transaksi akan berjalan normal seperti biasa. Ya, saya beberapa kali menggunakan toko online untuk membeli barang-barang, bahkan yang cukup mahal, misalnya laptop, dan semuanya berjalan dengan mulus. Kalaupun ada masalah misalnya ketiadaan stok, dengan cepat juga dapat direfund. 

Kecurigaan pada transaksi ini baru muncul ketika si penjual menelepon dan menjelaskan bahwa saya harus mentransfer lagi uang sejumlah dua kali lipat lebih, yang katanya untuk mencetak slip pembelian sesuai harga wajar, yang nantinya akan dikembalikan lagi ke saya. Sebenarnya saya tidak begitu jelas apa yang disampaikan, dan segera tahu bahwa saya sudah tertipu sehingga telepon saya matikan.

Si penjual tidak mau menyerah dan meneruskan melalui WA dengan meyakinkan, toh ditransfer melalui akun resmi situs jual beli. Saya mencoba mengecek nomor rekening akun jual beli tersebut, dan ternyata polanya berbeda, karena  VA pada akun resmi selalu mengandung nomor telepon pembeli. Saya sampaikan bahwa ini penipuan dengan bukti nomor rekening tadi, dan saya segera diblokir. 

Tidak ingin orang lain juga terkena, saya mencoba membuat laporan pada situs jual beli tersebut melalui tombol 'laporkan produk', dengan mengisi form jenis pelanggaran dan bukti pelanggaran yang dilakukan. 

Besoknya saya menerima email yang menyatakan bahwa penjual tersebut telah ditutup karena terbukti telah melakukan pelanggaran. Saya lega, tapi begitu mengecek situs jual beli tersebut, ternyata ada banyak sekali modus serupa yang muncul secara terang-terangan (misalnya lihat di link ini). Berikut beberapa tangkapan layarnya: 

Tangkapan layar pribadi
Tangkapan layar pribadi
Situs-situs tersebut memiliki nama dan harga yang serupa. Satu hal yang dengan mudah menunjukkan bahwa penjual adalah abal-abal adalah mengarahkan transaksi di luar sistem, dengan mencantumkan nomor WA untuk komunikasi langsung dengan penjual. 

Nomor WA tersebut seringkali disamarkan dengan menggunakan kombinasi huruf dan angka, menggunakan tanpa pisah, tanda kurung, spasi, yang sepertinya bertujuan untuk menyulitkan pengelola situs mengecek adanya nomor HP di lapak si penjual. Kita dapat simak deskripsi iklan penjual pada gambar berikut: 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun