Wisata Pilihan

Secercah Cerita dari Selatan Jakarta

6 Desember 2018   12:39 Diperbarui: 6 Desember 2018   12:44 95 0 0

Menimba ilmu di salah satu instansi pendidikan di salah satu kawasan strategis di Jakarta Selatan bisa dibilang 'enak enak engga'. Keluh kesah dan canda tawa yang tak pernah habis bersama teman-teman maupun menyepi sendiri. 

Tentunya di dalam suatu perkumpulan, kita akan mendapatkan teman-teman baru dengan berbagai kepribadian yang berbeda-beda. Nasib menimba ilmu di instansi pendidikan yang terletak di kawasan Sudirman ini, ternyata  memberikan banyak pengalaman yang tidak terlupakan. 

Berbagai tempat dan arah dapat diraih dengan mudah, tolong diingat kata 'mudah' nya bukan cepat. Kenapa mudah? Berbagai fasilitas kendaraan umum tersedia, sehingga mobilitas padat dapat berjalan dengan baik.  

Daerah Sudirman dikenal sebagai kawasan perkantoran yang strategis. Berbagai fasilitas umum dapat kita nikmati dengan mudah. Seluruh fasilitas umum yang tersedia di Kota Jakarta ini pasti melewati kawasan strategis ini. 

Bagaimana tidak, gedung-gedung tinggi perkantoran berjejer rapih sepanjang kawasan ini. Jalanan besar dan tertata menyapa anda saat memasuki kawasan ini, namun hati-hati bagi kalian pengendara 'bandel' karena E-Tilang sudah berlaku di kawasan ini.

Macet? Itu hal yang selalu dialami setiap harinya di kawasan ini. Walaupun selalu ditemani macet yang tak kenal waktu dan jamnya seriing kali tidak tertebak, tidak menghentikan masyarakat untuk terus beraktivitas terutama untuk bersoialisai. 

Bicara tentang bersosialisai, walau kawasan ini tidak begitu banyak menawarkan tempat 'nongkrong' atau istilah zaman sekarang 'ngopi cantik' tentunya keuntungan yang bisa di dapat adalah akses mudah ke salah satu daerah attau kawasan  'gaul' Jakarta, yaitu Senopati.

Menikmati secangkir kopi hitam hangat dengan sepotong kue manis kering seharga 40ribu sambil melihat mobil beradu unntuk pulang ke rumah masing-masing. 

Di sebrang meja terlihat jelas empat remaja perempuan yang sedang bercanda gurau membicarakan temannya bernama, Indira. Di samping kanan terlihat sekumpulan orang-orang berpakaian rapih layaknya orang kantor, sepertinya mereka sedang membicarakan seputar project mereka di kantor. Kurang lebih itulah adegan yang sering terulang setiap hari Jumat minggu keempat sehabis kelas sore.

Membeli kopi di coffee shop sejenak untuk membunuh waktu selagi menghindari macet di malam Sabtu bukanlah lagi hal yang jarang terjadi di zaman sekarang, terutama bagi orang-orang yang sering lewat di daerah Senopati ini. Berbagai tempat berkumpul, meeting kerja, sampai hiburan malam terpampang jelas di kawasan ini. 

Perputaran tempat di kawasan ini juga cepat, dalam kurung satu tahun ada 2-4 tempat yang tutup dan berganti dengan usaha lain. Hal itu yang membuat masyarakat Jakarta tak pernah bosan untuk menelusuri kawasan ini.

Seluruh jenis makanan dan minuman tersedia disini. Dari makanan tradisional sampai makanan mancanegara dapat dinikmati, dari makanan murah sampai mahal, minuman susu atau kopi sampai minuman beralkohol pun dapat dinikmati di kawasan ini. Berkumpul sejenak ataupun ingin menikmati kehidupan malam di Jakarta. 

Dengan dikelilingi oleh gedung perkantoran, perumahan mewah, apartemen, serta bersebelahan dengan kawasan SCBD (Sudirman Central Business District) menjadikan kawasan Senopati ini menjadi kawsan yang sangat strategis untuk berbisnis maupun tempat tinggal.

Jika bosan dengan hiburan yang ada di kawasan Senopati, bisa dilanjutkan ke daerah Kuningan melewati Jalan Kapten Tendean. Tidak jauh berbeda dengan Senopati, Kuningan juga dipenuhi dengan bagunan perkantoran, kedutaan, hotel, serta apartemen sehingga kawasan Kuningan jarang sepi, ditambah sedang diadakan pembangunan MRT untuk mendukung mobilitas masyarakat.

Tidak sedikit tempat hiburan yang dapat dinikmati di daerah ini. Terdapat berbagai tempat berkumpul dengan suasana nyaman. Namun dari berbagai tempat 'nongkrong', yang paling terkenal adalah Lucky Cat Coffee yangberada di dalam kawasan Pasar Festival, Kuningan. Ada apa dengan tempat itu sampai bisa lebih unggul dari yang lain? Karena di Lucky Cat Coffee merupakan coffee shop yang buka selama 24 jam pertama di Kuningan. Dengan desain interior yang homey, rasaya seperti sedang berkumpul di teras rumah.

Menyeruput kopi atau minuman apapun yang telah anda pesan, bercanda gurau dengan teman-teman maupun hanya untuk mengerjakan tugaspun akan terasa nyaman disana. Kuninga juga merupakan tempat yang strategis untuk didatangi karena berada di tengah-tengah Kota Jakarta.

Di dalam kawasan Plaza Festival itu tidak hanya ada Lucky Cat yang memiliki banyak peminatnya karena buka 24 jam. Namanya Dim Sum Inc, jika bosan ngopi, tempat ini bisa jadi tujuan slanjutnya untuk hanya sekedar kudapan atau untuk minum beer. Berbeda desain interior dengan Lucky Cat yang homey, DimSum Inc. ini berdesain serba kayu layaknya country bar dan lampu yang sedikit redup saat malam hari.

Masih banyak tempat tujuan yang bisa dikunjungi di wilayah Jakarta Selatan yang sangat sangat srategis ini, satu hari saja tidak akan cukup untuk menelusuri Kota Jakarta bagian Selatan ini. Berbagai kegiatan menarik dengan gaya 'anak selatan' menjadi cirri khas sendiri bagi mereka para penduduk asli/lama Jakarta Selatan.