Mohon tunggu...
Dwi Agustina
Dwi Agustina Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance

Freelancer | Program Pengembangan SDM - Pendidikan Masyarakat - UPI I Sebaik-baik manusia ialah yang bermanfaat bagi oranglain |

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pemanfaatan LMS seTARA Daring di PKBM Patrakomala

21 November 2022   22:06 Diperbarui: 21 November 2022   23:42 418
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kita tahu bahwa pandemi COVID 19 ternyata sangat berdampak kepada kegiatan pembelajaran yang tidak memungkinkan untuk diadakan secara tatap muka. Maka dari itu, sesuai dengan aturan dari pemerintah, kegiatan pembelajaran yang biasa dilakukan tatap muka di kelas harus dilakukan secara daring dalam rangka memutus rantai penyebaran virus Covid 19. 

Salah satu lembaga pendidikan yang terdampak adalah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Patrakomala yang beralamat di Jalan Nagrog, Jl. Pasir Jati Timur No.106, RT.01/RW.09, Pasirjati, Ujung Berung, Bandung. Dimana lembaga terpaksa untuk melakukan kegiatan pembelajaran secara daring di semester ganjil dan genap.

Platform Learning Managemen System (LMS) yang digunakan oleh lembaga adalah setara Daring. Setara daring yang dirancang dari 2016 ini merupakan aplikasi pembelajaran jarak jauh milik Kemendikbud yang dapat diakses secara gratis di  Indonesia.  

Kemendikbud menghimbau seluruh SKB & PKBM di Indonesia untuk menggunakan LMS seTARA daring selama kegiatan pembelajaran di masa pandemi dikarenakan LMS ini sudah dirancang khusus untuk memudahkan warga belajar untuk mempelajari materi, mengikuti evaluasi pembelajaran dan memudahkan para tutor untuk memberikan pelajaran serta evaluasi belajar secara terbuka.

Sumber: Web Setara Daring
Sumber: Web Setara Daring

Sumber: Web Setara Daring
Sumber: Web Setara Daring

Setara Daring ini didukung oleh SEAMOLEC (SEAMEO Regional Open Learning Centre). SEAMOLEC merupakan sebuah institusi yang bernaung dibawah SEAMEO (Southeast Asian Ministers of Education Organization) atau Organisasi Menteri-Menteri Pendidikan se Asia Tenggara yang bertanggung jawab untuk mengembangkan Pendidikan Terbuka dan Pendidikan Jarak Jauh di Asia Tenggara. SEAMOLEC berpusat di Indonesia dan bekerjsama dengan Departemen Pendidikan Nasional.

Sebelum dihimbau oleh Kemendikbud, Sebetulnya PKBM Patrakomala sudah memiliki akun setara daring dari tahun 2018 dan Namun penggunaanya baru digalakkan di tahun 2020 saat pembelajaran terdampak COVID 19.  LMS seTARA Daring juga sangat membantu kegiatan pembelajaran, terutama untuk kegiatan Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK) berbasis web.

Ketua PKBM Patrakomala, Harti Purwanti, M.Pd  menjelaskan bahwa penggunaan LMS ini sangat bermanfaat, terutama untuk warga belajar yang memiliki pekerjaan sehingga mengalami kesulitan  untuk hadir di tempat pembelajaran. Pun semenjak tahun 2021,  PKBM Patrakomala sudah melakukan ujicoba pelaksanaan UPK menggunakan LMS seTARA Daring. Untuk selanjutnya, LMS ini akan digunakan untuk pembelajaran jarak jauh di PKBM Patrakomala agar dapat melayani dan menjangkau warga belajar.

Pengunaan LMS seTARA untuk Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK)
Pengunaan LMS seTARA untuk Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun