Mohon tunggu...
Dwi Klarasari
Dwi Klarasari Mohon Tunggu... Write from the heart, edit from the head ~ Stuart Aken

IG: @dwiklara_project | twitter: @dwiklarasari

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Membuat Keik Pisang dengan Peralatan Sederhana

20 Februari 2021   12:18 Diperbarui: 22 Februari 2021   21:16 1203 41 22 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membuat Keik Pisang dengan Peralatan Sederhana
Ilustrasi banana bread atau roti pisang. (Dok. Tastingtable)

 "Sudahlah Buk sekalian aja, ini juga tinggal dua sisir. Tiga puluh rebu daah!"

Begitulah "kalimat setengah memaksa" yang selalu dilontarkan tukang buah langganan. Niat hati hendak menolak, tetapi muncul rasa iba ketika melihat dagangannya masih menumpuk. Tidak menolak, dua sisir pisang raja sungguh terlalu banyak. Sering kali sudah terlalu matang sebelum habis dimakan.

Menurut kompas.com, secara umum tingkat kematangan pisang bisa diketahui dari warna kulit. Pisang yang masih mentah secara umum memiliki kulit yang masih hijau. 

Jika kulitnya sudah kuning, biasanya pisang cukup matang (begitu pun, ada jenis pisang yang meskipun sudah matang kulitnya tetap berwarna hijau). Sementara jika sudah sangat matang, kulitnya akan berubah kecokelatan.

Nah, buah pisang dengan warna kulit yang mulai kecokelatan cenderung kurang menarik. Sebagian bahkan ada yang sudah hampir busuk, tetapi sebenarnya masih layak makan setelah melalui proses pengolahan.

Bagi yang kurang telaten, alih-alih mengolah mereka cenderung membuangnya. Saya tidak mungkin melakukannya. "Berpikirlah ratusan kali sebelum membuang makanan" menjadi salah satu alarm dalam benak yang berbunyi paling keras. Tidak mudah untuk diabaikan begitu saja.

"Berpikirlah ratusan kali sebelum membuang makanan!" (indiatoday)

Nah, karena alasan itulah saya mulai mencari bantuan Mbah Gugel untuk mengetahui cara mengolah pisang yang sudah terlalu matang. Mungkin saja ada resep lain, alih-alih sekadar diolah menjadi pisang goreng.     

Pengin Buat Keik, Takada Peralatan 

Sekejap terlintas dalam benak, ingin sekali membuat banana cake alias keik pisang. Zaman masih sekolah pernah praktik. Mungkinkah dalam kegiatan pramuka? Entahlah, sudah lupa!

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN