Mohon tunggu...
Dwi Isnaini
Dwi Isnaini Mohon Tunggu... Wiraswasta - Mompreneur yang menyukai dunia tulis menulis

Owner CV Rizki Barokah perusahaan dalam bidang makanan ringan. Penulis buku "Karakter Ayah Pebisnis untuk Sang Anak Gadis"

Selanjutnya

Tutup

Money

Cara Mendapatkan Customer Satisfied

11 Agustus 2021   06:26 Diperbarui: 11 Agustus 2021   08:08 246
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Dalam dunia bisnis, kepuasan pelanggan adalah sesuatu yang sangat penting. Jika pelanggan puas dengan produk kita, maka bisa dipastikan mereka akan mengadakan repeat order. Mereka akan kembali lagi dan pasti akan bercerita kepada teman-temannya. Ya... seperti tehnik marketing dari mulut ke mulut.

Tahukah Anda, sekarang ini customer jauh lebih percaya dengan yang Namanya F-Factors? Friends, Family, Fans, Followers. Orang akan lebih percaya dengan apa yang dikatakan orang-orang yang ada di dekatnya. Mereka akan langsung melihat review sebuah produk, jasa maupun sebuah tempat dibandingkan melihat iklan-iklan dari suatu perusahaan.

Jadi, pastikan bahwa Anda adalah brand yang menepati janji, menyenangkan, dan membahagiakan di mata customer Anda. Inilah yang membuat customer tidak akan meninggalkan Anda.

Berikut ini contoh cara memberi kebahagiaan dan kepuasan kepada customer:

Anda mengatakan kepada customer bahwa proses pengerjaan berlangsung 10 hari. Tetapi Anda dapat menyelesaikannya dalam 7 hari. Ini akan membuat customer surprise. Ketika Anda memberi bonus tanpa memberitahukan terlebih dahulu kepada customer, maka customer akan bahagia. Lakukan over deliver kepada customer!

Hal ini akan berbeda ketika kita mengatakan, nanti saya berikan bonus jika Anda membeli 3 buah. Itu bukan over deliver tetapi merupakan sebuah janji yang harus ditepati.

Usahakan untuk tidak memberikan  harapan kepada customer. Anda dapat memberikan sesuatu yang lebih atau over deliver kepada customer. Ketika mereka tidak berharap apapun, kemudian mereka mendapat sesuatu yang "lebih' dari Anda,  user experience yang dirasakan akan menjadi luar biasa.

Fokuslah pada perasaan mereka. Make them happy. Make them satisfied. Ada satu ungkapan dari Maya Angelou, "I've learned that people will forget what you said, people will forget what you did, but people will never forget how you made them feel."

Nah...itu kuncinya! How you made them feel. Bagaimana Anda membuat mereka merasa. Apa yang mereka rasakan setelah berinteraksi dengan Anda? Setelah mereka bertransaksi dengan Anda, buat mereka merasa puas dan bahagia. Dengan demikian Anda akan punya customer yang loyal untuk jangka panjang.

Cara lain untuk membuat customer merasa puas dan bahagia adalah dengan mempelajari customer behaviour psychology. Pelajari pula perbedaan cara memberikan pelayanan kepada masing-masing customer. Semakin Anda mengenali mereka secara lebih personal, maka Anda akan mudah menyentuh hatinya.

Buatlah pengalaman mereka ketika berinteraksi dengan Anda menjadi sangat personal. Kenali costumer Anda lebih dalam. Walaupun cara ini lebih mudah dilakukan dalam jual beli langsung dan agak sulit untuk menerapkannya dalam bisnis online.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun