Mohon tunggu...
Dwi CitraIsmiatin
Dwi CitraIsmiatin Mohon Tunggu... Profil ini hanya untuk kebutuhan kemahasiswaan bukan untuk keuntungan pribadi

Profil ini hanya untuk kebutuhan kemahasiswaan bukan untuk keuntungan pribadi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

3 Tips Sehat Selama Pandemi

23 Juni 2021   16:29 Diperbarui: 23 Juni 2021   16:50 40 0 0 Mohon Tunggu...

3 Tips Sehat Selama Pandemi

Seperti yang kita tahu, akhir-akhir ini tersebarnya virus covid-19 sangat meresahkan dan menjadi momok mengerikan bagi masyarakat Indonesia. Terlebih lagi sebab virus ini mulai merajalela di seluruh kawasan Negara tercinta kita. Lalu apa itu covid-19? Virus Corona atau Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. 

Penyakit yang disebab kan oleh virus ini disebut covid-19. Virus ini dapat menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru berat hingga kematian. Tak jarang hal ini menjadi mimpi buruk bagi semua orang. Lalu bagaimana sih cara untuk melindungi diri dari virus tersebut?

Istirahat dan minum air putih yang cukup.

Kenapa istirahat sangat penting berperan dalam melindungi diri dari virus corona? Sebab hal ini sangat penting untuk tetap menjaga rutinitas Anda seperti biasanya, dengan stamina yang selalu terisi dan tidak begadang memudahkan Anda melakukan aktivitas tanpa harus khawatir Anda mengalami kelelahan yang berlebihan. Imunitas tubuh sangat berkaitan dengan stamina yang cukup selain itu perbanyak minum air putih untuk menjaga diri Anda tetap terhidrasi dengan baik.

Makan sehat serta konsumsi vitamin tambahan

Tips yang kedua adalah makan-makanan yang sehat, selama pandemi ini semua orang diwajibkan bekerja dari rumah dan melaksanakan segala aktivitas di rumah, hal ini dapat Anda manfaatkan untuk mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang serta menjaga pola makan yang sehat, bukan hanya Anda namun seluruh keluarga Anda supaya tidak mudah terjangkit. 

Pola makan sehat yakni mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dengan porsi yang tidak lebih dan tidak kurang. Vitamin tambahan juga sangat dibutuhkan supaya imunitas Anda tetap terjaga. Lalu seperti apa makanan yang sehat itu? 

Anda dapat menggunakan "isi piringku" sebagai pedoman, dimana konsumsi yang paling dianjurkan adalah mengonsumsi setengah porsi sayur beraneka jenis serta warna, lalu seperempat porsi yang berisi protein tinggi (hewani/nabati), kemudian mengimbangi minum susu dengan memberikan batasan 2 gelas perhari dan lebih banyak mengonsumsi air putih.

Menjaga higienitas.

Tidak heran jika pemerintah menganjurkan kita untuk tidak lupa mencuci tangan, karena hal ini sangat berkaitan dengan penyebaran virus itu sendiri. Tak jarang bahwa kita tak sadar mengusap wajah menggunakan tangan yang telah terkontaminasi, sedangkan virus tersebut sangat rawan masuk melalui lubang hidung, mulut atau bahkan rongga mata. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN