Mohon tunggu...
DWI ELISA
DWI ELISA Mohon Tunggu... Guru - tetap semangat dalam mencari dan berbagi ilmu

"Tak ada rahasia untuk menggapai sukses. Sukses itu dapat terjadi karena persiapan, kerja keras, dan mau belajar dari kegagalan." - Colin Powell

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Aksi Nyata Modul 3.3_Gerakan Jum'at Membatik_Gematik

11 Juli 2022   19:26 Diperbarui: 11 Juli 2022   19:29 160 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

GEMATIK
(Gerakan Jum'at Membatik
)

Refleksi model 4F

( FACT, FEELING, FINDING dan FUTURE )

https://www.youtube.com/watch?v=G848xT_Sx80

FACT

 A. Latar Belakang Program

Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang berada di luar program yang tertulis di kurikulum dan umumnya pihak sekolah menyediakan waktu satu hari untuk pelaksanaan kegiatan ini. Ekstrakurikuler  berguna sebagai sarana menyalurkan hobi, minat dan bakat siswa pada hal tertentu. Di sisi lain, pelaksanaan kegiatan ini merupakan suatu bentuk perhatian sekolah pada siswanya agar melakukan kegiatan yang lebih positif.

Para siswa SD adalah anak yang sedang dalam masa peralihan dari pribadi seorang anak menuju pribadi yang lebih dewasa, mereka cenderung menjauh dari orang tua dan lebih percaya pada teman, mempunyai energi yang besar sehingga mereka tampak lebih emosional. Kecenderungan lain adalah mereka berkelompok dengan teman yang memiliki kesukaan yang sama. Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler pada setiap sekolah di harapkan dapat menjadi wadah untuk penyaluran energi para siswa dan jenis kegiatanpun sangat beragam baik itu seputar olah raga, kesenian, keterampilan ataupun pengetahuan.

Disamping latarbelakang tersebut, program kegiatan Gematik ini di latarbelakangi adanya asset/modal social berupa Sanggar Seni Batik Tetuko yang berada dekat dengan sekolah yaitu wilayah Desa Sumberkepuh, Kecamatan Tanjunganom. Untuk mengoptimalkan pemanfaatan modal tersebut maka Penulis merancang program ekstrakurikuler GEMATIK. Melalui ekstrakurikuler Gematik akan melatih ketrampilan siswa sehingga para siswa memiliki skill dan meningkatkan kreativitas serta tanggungjawab yang dapat dikembangkan untuk kemudian hari. Selain itu, dengan berlatih membatik akan melestarikan batik sebagai kekayaan daerah khususnya Batik khas Nganjuk.

B. Tujuan Program 

Melalui ekstrakurikuler GEMATIK harapannya siswa dapat:

1. Memahami beraneka jenis batik

2. Memahami media pembuatan batik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan