Risna Yuniarti
Risna Yuniarti Pegawai

as Economist and writer As Economic Analyst ; Work in Coordinating Ministry of Economic Affair.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Yuk Jadi Kawula Muda 'Cerdas' Bergaya Hidup Syariah!

27 Desember 2017   15:28 Diperbarui: 28 Desember 2017   09:09 451 0 0
Yuk Jadi Kawula Muda 'Cerdas' Bergaya Hidup Syariah!
664xauto-maybank-indonesia-masih-kaji-spin-off-unit-usaha-syariah-160616w-rev160617-5a4357debde575747c54ab12.jpg

Generasi urban  identik dengan gaya hidup modern dan cenderung hedonisme terkesan sebagai gaya hidup yang 'santai'. Terlepas dari hal tersebut, generasi urban  terus berkembang dan memiliki fasilitas teknologi yang makin ramai dan pesat menjadikan semakin mudahnya masyarakat mengakses seluruh informasi. 

Namun dari kemudahan yang ada, kerap kali melalaikan kita dengan masa depan yang kita persiapkan. Begitu banyak pilihan gaya hidup  yang dihadapkan di masyarakat urban kini seperti gaya hidup untuk hanya menjadi konsumtif  boros atau konsumtif hemat dengan penawaran perbankan baik konvensional maupun syariah,mereka memiliki  keunggulannya masing-masing. Namun jika tanpa perencanaan dan ilmu yang mumpuni alih-alih  tujuan kita mau untung sebaliknya menjadi 'buntung'.

Bagaimana keterkaitan generasi urban dengan perbankan di zaman 'now' ini??

Tentunya aktivitas transaksi masyarakat urban kini semakin mudah karena telah terintegrasi dengan smartphone di genggaman tangan. Bermodalkan 'klik' dan  tinggal sentuh di layar masing-masing ponsel membuat aktivitas perbankan semakin memperbaharui sistem keuangan di masyarakat urban zaman now. 

Sebagai kawula muda di tengah-tengah kehidupan masyarakat urban sekarang, tidak dapat dipungkiri di usia 20-an seperti saya ini maunya banyak banget. Begitu lulus kuliah saya dihadapkan dengan banyak keinginan. Pada awal nya keinginan seputar dengan hal-hal konsumtif jangka pendek, misalnya punya handphone baru, barang-barang elektronik, makan-makan bareng teman dan keinginan belanja barang branded. Kita seolah baru terlahir sebagai anak baru gede yang mempunyai penghasilan sendiri hampir tidak bisa mengontrol pengeluaran kita. Walhasil setiap akhir bulan rasanya gaji hanya 'lewat'saja. 

Lambat laun, pola pikir saya mulai berubah, dulunya sangat jarang dan hampir tidak pernah menyisihkan uang untuk menabung, tetapi kini semakin dewasa merasa keinginan bertambah, butuh persiapan untuk menikah, menabung ibadah umroh, dan tentunya memiliki rumah. 

sumber : https://hafidhmind.files.wordpress.com/2017/03/tumblr_nm4cojhr3b1rakvtzo1_1280.jpg
sumber : https://hafidhmind.files.wordpress.com/2017/03/tumblr_nm4cojhr3b1rakvtzo1_1280.jpg

Eng..ing..eng.. dengan keinginan tersebut saya menyadari harus segera mengatur keuangan saya agar bisa mencapai keinginan untuk jangka panjang tersebut.  Setelah sadar akan kebutuhan yang semakin tinggi dan keinginan untuk masa depan, saya pun berpikir sebagai seorang pemuda muslim, yang mengetahui tata cara yang diatur dalam Islam termasuk dalam perbankan. Saya memang tertarik  menabung di bank konvensional dengan tingkat bunga yang tinggi namun secara islam bunga merupakan riba belum lagi kita tidak tahu apakah Bank tempat kita menabung dipergunakan untuk usaha yang non halal. Hal itulah yang membuat  kekhawatiran saya pribadi bagaimana nanti kalau uang penghasilan saya tidak berkah karena riba. 

Kekhawatiran saya mulai terkikis dengan adanya kabar baik dari perbankan syariah. Kini perbankan syariah  menjadi solusi tanpa riba. Maybank syariah telah mengusung program-program yang berbasis syariah, memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para nasabah yang memilih gaya hidup syariah dalam bertransaksi dan menjaga aset pribadi. 

Sebenarnya,bagaimana sih bergaya hidup syariah?

13566187883-5a4354a1ab12ae72f835fc02.jpg
13566187883-5a4354a1ab12ae72f835fc02.jpg

Bergaya hidup syariah tentunya mengelola keuangan kita dengan memilih sistem yang syariah. Nah, seperti yang dijelaskan sebelumnya. Maybank Syariah kini memberikan kenyamanan bagi masyarakat urban dengan program syariahnya. Ada Tiga Program Maybank Syariah untuk kamu generasi Urban. Yuk,simak sebagai berikut!

1. Tabungan iB

sumber foto : https://www.maybank.co.id/syariah/products/funding/PublishingImages/regular_syariah.jpg
sumber foto : https://www.maybank.co.id/syariah/products/funding/PublishingImages/regular_syariah.jpg

Tabungan Syariah dengan akad Mudharabah dalam mata uang IDR dan USD yang memberikan berbagai kemudahan bagi Nasabah. Bagi yang belum mengenal Akad Mudharabahmerupakan sebuah perjanjian yang ditentukan diawal antara nasabah dan pihak pengelola (bank syariah), dimana dalam perjanjian ini menjelaskan bahwa nasabah adalah pemilik 100% uang atau modal, sedangkan bank bertindak sebagai pengelola uang / modal tersebut untuk jenis usaha/bisnis yang halal.

Cukup mudah untuk membuka rekening di Maybank Syariah, dengan minimum setoran awal tabungan Rp500.000,- (lima ratus ribu rupiah) kemudian kita dapat mengisi formulir pembukaan rekening, dapat di download disini, lalu menandatangani form Akad Dana Pihak Ketiga (DPK) dengan menyertakan fotokopi KTP/Identitas diri yang masih berlaku (KTP/SIM atau Paspor/KIMS/KITAS). Keunggulan lainnya, nasabah mendapatkan gratis Asuransi Syariah Personal Accident sebesar 20x saldo akhir bulan sebelum terjadi risiko, maksimal 2 Miliar per rekening*

Keuntungan Maybank Tabungan iB :

  1. Bebas tarik tunai dan transfer ke sesama rekening Maybank Indonesia di Maybank ATM Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam.
  2. Bebas biaya transfer ke bank lain di Maybank ATM/Maybank SMS+ Banking, jika saldo sebelum transaksi min. Rp10 juta (dikenakan Rp7.500 jika saldo sebelum transaksi < Rp10 juta).
  3. Bebas biaya & kemudahan menggunakan kartu debit untuk transaksi di merchant berlogo Mastercard® di seluruh dunia.
  4. Cek saldo & transfer kapanpun dan dimanapun melalui Maybank2u, Maybank2u App & Maybank SMS+ Banking.
  5. Kemudahan pembayaran lebih dari 100 jenis tagihan melalui Maybank ATM, Maybank2u, Maybank2u App dan Maybank SMS+ Banking.
  6. Praktis pembayaran berbagai macam tagihan melalui Maybank Direct Debit.
  7. Tersedia fasilitas e-statement untuk detail transaksi dengan mendaftarkan email Anda.

2. MyPlan Syariah / MyPlan iB

umrahmyplan-jpg-5a435543ab12ae6e0546b782.jpg
umrahmyplan-jpg-5a435543ab12ae6e0546b782.jpg

Nah program MyPlan Syariah / MyPlan iB dari Maybank Syariah ini menyediakan  produk tabungan berencana untuk memudahkan  dalam mewujudkan berbagai rencana seperti : pendidikan anak, perjalanan ibadah (umrah),  dan lainnya. Dana tersebut akan dikelola menggunakan Akad Mudharabah Mutlaqah sesuai dengan prinsip Syariah.

Akad Mudharabah muthlaqahmerupakan akad secara syariah dimana pemilik dana memberikan kebebasan kepada pengelola mengenai usaha yang akan dijalankan. Nasabah tidak ikut campur usaha apa yang mau dijalankan pihak bank. Namun nasabah masih boleh mengawasinya.

Keunggulannya nasabah akan mendapatkan perlindungan asuransi jiwa plus kecelakaan diri, sehingga  dapat merencanakan investasi keuangan secara aman, nyaman dan tenang. Dengan Tabungan My Plan iB, Nasabah dapat menabung secara rutin setiap bulan, dengan jangka waktu tertentu sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan hingga terkumpul dana yang dibutuhkan untuk berbagai rencana masa depan yang diinginkan.

Maybank Syariah memberikan keleluasan nasabah MyPlan iB ini dengan 5(lima) Bebas:

  1. Bebas menentukan mata uang Rupiah atau USD.
  2. Bebas menentukan setoran rutin bulanan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.
    • Minimal Rp100,000.- per bulan (kelipatan Rp100,000.-).
    • Minimal USD20 per bulan (kelipatan USD10).
  3. Bebas menambahkan dana sewaktu-waktu ke rekening MyPlan iB (diluar setoran rutin bulanan).
  4. Bebas menentukan jangka waktu menabung sesuai kebutuhan Anda mulai dari 6 bulan hingga 18 tahun.
  5. Bebas biaya autodebet dari rekening sumber untuk setoran rutin bulanan.

Nasabah akan menerima manfaat MyPlan Syariah / MyPlan iB sebagai berikut :

  1. Nisbah (rasio bagi hasil) yang menarik dan berlaku untuk jumlah saldo berapapun
  2. Gratis Asuransi Personal Accident dan Life Insurance sampai dengan Rp100 juta

Maybank Syariah memberikan kemudahan dan kenyamanan sebagai berikut:

  1. Fasilitas autodebet akan memindahkan dana setoran bulanan dari rekening sumber ke rekening MyPlan Syariah/MyPlan iB Anda
  2. Perkembangan dana dapat dikontrol melalui laporan bulanan yang dikirim ke alamat Anda atau info saldo melalui Customer Care 69811

Cukup dengan mengisi formulir pembukaan rekening, Anda telah memiliki rekening MyPlan iB. Berikut kita bisa mendownload form pembukaan rekeningnya disini

3. Rumah Syariah iB

rumah-berkah-syariah-5a435585ab12ae6bfe76e7b4.jpg
rumah-berkah-syariah-5a435585ab12ae6bfe76e7b4.jpg

Generasi Urban akan sangat dimudahkan dalam memilih sistem syariah untuk membangun rumah impian melalui program ini. Program Maybank Rumah Syariah iB akan mewujudkan impian kita dalam memiliki rumah sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan. Dengan prinsip Syariah berdasarkan akad Murabahah atau Musyarakah Mutanaqisah (MMq), Nasabah dapat memilih jenis angsuran tetap atau tidak tetap yang menyesuaikan dengan kondisi pasar, semuanya tersedia untuk memberikan rasa nyaman dan tenang.

Fleksibel untuk Berbagai Keperluan

  • Fasilitas pembiayaan dapat digunakan untuk pembelian rumah/apartemen/ruko/rukan
  • Angsuran tetap atau tidak tetap sampai dengan akhir masa pembiayaan dapat dipilih sesuai kebutuhan kita. 
  • Jangka waktu pembiayaan  1 sampai 30 tahun dapat dipilih sesuai kebutuhan kita.
  • Fleksibel dalam pelunasan sebagian atau keseluruhan.

Persyaratan umum :

  1. WNI cakap hukum.
  2. Usia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun (untuk karyawan) dan 65 tahun (untuk pengusaha/profesional) saat pembiayaan berakhir.
  3. Memiliki penghasilan rutin per bulan.
  4. Lama kerja atau usaha minimal 2 tahun (untuk karyawan) dan 3 tahun (untuk pengusaha/ profesional).
  5. Lokasi tempat tinggal, tempat bekerja dan obyek jaminan harus berada di wilayah operasional Maybank Indonesia.
  6. BI checking lancar.
  7. Bersedia membuka rekening Maybank Tabungan iB.

Info lebih lanjut untuk MyBank Rumah iB disini.

Nah, tunggu apalagi.. InsyaAllah penghasilan kita berkah dengan program tepat MayBank syariah.. Yuk mewujudkan impian kita guys bersama  MayBank Syariah!