Mohon tunggu...
Dwi Aprilytanti Handayani
Dwi Aprilytanti Handayani Mohon Tunggu... Administrasi - Kompasianer Jawa Timur

Ibu rumah tangga anak 2, penulis konten freelance, blogger, merintis usaha kecil-kecilan, hobi menulis dan membaca Bisa dihubungi untuk kerjasama di bidang kepenulisan di dwi.aprily@yahoo.co.id atau dwi.aprily@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Artikel Utama

Cara Menonaktifkan Kepesertaan BPJS Kesehatan secara Online dengan Bantuan Pandawa

30 Juni 2021   17:32 Diperbarui: 1 Juli 2021   18:36 11487 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Menonaktifkan Kepesertaan BPJS Kesehatan secara Online dengan Bantuan Pandawa
Ilustrasi BPJS. Sumber: Shutterstock via Kompas.com

Bagaimana cara menonaktifkan kepesertaan BPJS Kesehatan? Pertanyaan ini sering terlontar ketika peserta BPJS Kesehatan merasa sudah memiliki asuransi kesehatan lain dan berniat mengakhiri kepesertaan BPJS. 

Alasan lain adalah keterbatasan pendapatan di masa sulit sehingga merasa keberatan membayar iuran. Dan betapa menyedihkan ketika mendapat jawaban bahwa satu-satunya cara menonaktifkan kepesertaannya adalah dengan meninggal dunia.

Perlu diperhatikan pula, jika peserta BPJS Kesehatan sudah meninggal dunia, pihak ahli waris harus segera membuat laporan, melaporkan kematian peserta BPJS Kesehatan. 

Jika tidak dilakukan, maka segala klaim, masalah yang berkaitan dengan kepesertaan beserta tagihan iuran BPJS Kesehatan tetap berlangsung (dan jika tidak dibayarkan akan sekaligus muncul denda). 

Masih ingatkah meme pocong yang melapor ke BPJS Kesehatan untuk menonaktifkan kepesertaan BPJSnya? Antara geli dan sedih, tapi kita memang dilahirkan untuk kuat menerima kenyataan.

Beberapa waktu lalu, saya baca-baca di beberapa artikel dan blog, cara menonaktifkan kepesertaan BPJS Kesehatan harus menghadap langsung di kantor cabang, menyerahkan kartu tanda peserta dan surat keterangan kematian. 

Dulu, saya yang mendaftarkan Mama sebagai peserta BPJS Kesehatan atas permintaan beliau. Saya mendaftar melalui kantor Sidoarjo, domisili saya karena tidak memungkinkan bagi saya bolak balik Sidoarjo-Probolinggo (rumah Mama) Ketika Mama meninggal Oktober tahun lalu saya berpikir kira-kira apakah laporan penonaktifan tersebut bisa dilakukan secara online? mengingat situasi pandemi dan saya agak enggan kembali berurusan dengan birokrasi. Ternyata menurut informasi di IG BPJS Kesehatan, laporan terkait kepesertaan BPJS Kesehatan bisa dilakukan melalui online.

Berkaitan dengan meninggalnya Mama, saya mencoba mencari informasi melalui akun twitter BPJS Kesehatan di twitter.

Mention ke akun @BPJSKesehatanRI tentang maksud laporan kita. Maka akan dibalas sesuai SOP

Komunikasi selanjutnya dilakukan melalui DM. Kita akan diminta membayar iuran BPJS Kesehatan hingga bulan saat mengajukan laporan. Kemudian CS akan menanyakan domisili peserta. 

Langkah berikutnya, CS memberikan nomor whatsapp PANDAWA (semacam call centre BPJS Ketenagakerjaan) sesuai domisili. Perlu diingat bahwa layanan PANDAWA hanya aktif selama jam kerja Senin - Jumat Pukul 08.00 sd 15.00 Waktu Setempat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN