Mohon tunggu...
Dwi Aprilytanti Handayani
Dwi Aprilytanti Handayani Mohon Tunggu... Administrasi - Kompasianer Jawa Timur

Alumni Danone Digital Academy 2021. Ibu rumah tangga anak 2, penulis konten freelance, blogger, merintis usaha kecil-kecilan, hobi menulis dan membaca Bisa dihubungi untuk kerjasama di bidang kepenulisan di dwi.aprily@yahoo.co.id atau dwi.aprily@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Financial

Jaringan Prima Pahlawan Saya

24 Juli 2019   20:50 Diperbarui: 24 Juli 2019   21:23 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri, Untung ada Jaringan Prima

Siang itu saya kebingungan. Suami sedang sakit, anak sulung saya menelepon agar mengirimkan sejumlah uang untuk biaya transportasi libur semester pondok pesantrennya. Sebenarnya ia sudah beberapa kali menelepon sebelumnya. 

Namun kondisi suami tidak memungkinkan untuk keluar rumah. Payahnya saya tidak bisa mengendarai motor  sehingga tidak mungkin mengirim wesel di kantor pos atau titip melalui transfer ATM ke wali santri kenalan kami yang sedang berkunjung ke pondok  dan kebetulan memiliki rekening bank sama.  Pondok tempat anak saya menuntut ilmu memang di daerah pelosok Pulau Jawa. Tetapi di area sekitar pondok ada penduduk yang memiliki usaha PPOB dan menerima pengambilan uang melalui EDC sehingga yang membutuhkan jasa mengambil uang dari bank apa saja bisa memanfaatkan jasa mesin EDC berlogo jaringan Prima tersebut.

"Ma, harus hari ini kirim uangnya, titipkan ustadz karena sudah tidak ada waktu lagi, ini ustadz mau bicara" Dengan sopan sang ustadz memberikan alasan agar uang transportasi dikirimkan sesegera mungkin sebab waktu sudah sangat mendesak. Beliau juga memberikan nomor rekening untuk pengiriman sejumlah sesuai edaran yang telah saya terima sebelumnya.

Sejenak saya seperti kehilangan akal. Antara memikirkan kondisi suami dan harus segera mengirimkan sejumlah uang cash melalui ATM terdekat. Masalahnya rekening bank yang saya miliki berbeda dengan rekening ustadz. Saya tinggal di pinggiran kota, ATM terdekat bisa ditempuh dengan sepeda kayuh, tetapi bukan ATM bank saya. Saat itu belum ada ojek online dan tidak ada transportasi umum untuk menuju ATM di tengah kota.

Dalam kondisi bingung, saya curhat ke suami yang harusnya tidak diganggu karena sakitnya. Suami mengingatkan dengan suara lemah "Nggak harus ATM bank yang sama kok Ma, asal ada logo Prima insyaAllah bisa pakai ATM kita"

Ya ampun, karena panik saya sampai lupa jika di seluruh mesin ATM berlogo Prima kita bisa cek saldo, transaksi tarik tunai, dan transfer dana antar bank. 

Saya bersyukur akhirnya berhasil mengirimkan uang yang sangat dibutuhkan ananda saat itu juga. Tidak perlu keluar biaya untuk naik ojek sebab ATM terdekat bisa ditempuh dengan sepeda.  Tak pernah menyangka sebelumnya bahwa jaringan Prima telah menjadi pahlawan. Padahal sebelumnya jika akan melakukan transaksi tarik tunai atau melakukan pembayaran selalu pilih ATM bank yang sama dengan alasan  "hemat biaya" Hingga saya tersadar dengan pengalaman saat itu. Betapa uang sekian ribu rupiah sebagai biaya atas pemakaian jasa jaringan Prima tidak berarti sebab manfaatnya lebih besar lagi.

Untuk kesekian kali tak dinyana saya mendapat kemudahan rezeki berkat jaringan Prima. Kali ini saya bekerja freelance sebagai CSO di bidang usaha jasa milik seorang teman yang menawarkan kursus online dan buku produksi penerbitan. Tugas saya adalah mempromosikan produk dan jasa tersebut melalui media sosial, berinteraksi dengan calon konsumen hingga memberikan informasi terkait informasi kursus serta biaya pembayaran dan menyampaikan bukti transfer ke pusat. 

Dokpri, Tugas CSO adalah promo
Dokpri, Tugas CSO adalah promo
Sebenarnya rekan saya tersebut sudah memberikan pilihan bagi para peminat kursus online dan pembeli buku untuk transfer di empat rekening bank miliknya. Namun tidak semua calon konsumen yang berminat memakai produk dan jasanya menggunakan bank yang sama. 

Akhirnya jaringan Prima menjadi pahlawan untuk kesekian kali. Transfer biaya pendaftaran kursus online bisa dilakukan real time saat itu juga melalui mobile banking. Saya pun bisa melakukan tugas sebagai CSO dengan baik.

Dokpri, bukti transfer konsumen melalui mobile banking jaringan Prima
Dokpri, bukti transfer konsumen melalui mobile banking jaringan Prima
Sekilas Tentang Jaringan Prima

Jaringan Prima adalah jenis usaha dari PT. Rintis Sejahtera (RINTIS) sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pengoperasian sistem komunikasi satelite VSAT. Produk berupa jasa dari PT. Rintis sejahtera sesuai informasi dari website resminya: https://www.jaringanprima.co.id/id adalah:

  • PRIMA ATM

ATM PRIMA merupakan salah satu produk dari Jaringan PRIMA yang menghubungkan transaksi finansial antar bank pada semua jaringan ATM di seluruh Indonesia.

  • PRIMA DEBIT

PRIMA DEBIT merupakan produk Jaringan PRIMA untuk kemudahan transaksi pembayaran belanja non tunai di seluruh mesin EDC di Indonesia, dimana semua kartu Debit dapat melakukan transaksi pembayaran di semua mesin EDC.

PRIMA DEBIT selaras dengan program yang diinisiasikan oleh Bank Indonesia dan industri sistem pembayaran yaitu GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional.

  • PRIMA PAYMENT SOLUTION

PRIMA Payment Solution merupakan salah satu produk Jaringan PRIMA yang menawarkan sistem pembayaran online bagi perusahaan yang ingin memberikan kemudahan layanan pembayaran bagi pelanggannya melalui ATM, Internet Banking, Mobile Banking, SMS Banking, Teller, dan PPOB yang telah terhubung dengan Jaringan PRIMA.

  • TRANSAKSI INTERNASIONAL

Salah satu produk Jaringan PRIMA yang memberikan fitur tambahan kepada mitra bank Jaringan PRIMA, yakni:

  1. Nasabah dari mitra bank dapat bertransaksi Tarik Tunai dan Cek Saldo di negara Malaysia (MEPS), Thailand (ITMX), Korea Selatan (KFTC)
  2. ATM mitra bank dapat menerima transaksi Tarik Tunai dan Cek Saldo dari kartu ATM / Debit berlogo MEPS (Malaysia), ITMX (ATM Pool, Thailand), KFTC (EXK, Korea Selatan), dan Union Pay International
  • TOP-UP UANG ELEKTRONIK
  • Salah satu produk Jaringan PRIMA yang memudahkan transaksi isi ulang saldo uang elektronik dengan menggunakan issuer bank mitra ATM PRIMA sebagai bentuk dukungan terhadap GNNT (Gerakan Nasional Non Tunai) yang digalangkan oleh Bank Indonesia.

Sumbangsih PT. Rintis Sejahtera bagi layanan dunia perbankan tidak dapat diragukan. Berikut ini adalah sepak terjang PT Rintis Sejahtera dalam membantu layanan Perbankan:

Tahun 2000, berdiri sebagai perusahaan EFT Switching. PT Rintis Sejahtera melayani jaringan transaksi financial elektronik di Indonesia

Tahun 2010, meluncurkan layanan Payment Solution dan Transaksi Internasional

Tahun 2015, memperkenalkan layanan Top-Up Uang Elektronik dan terkoneksi dengan Jaringan APN

Tahun 2017, membantu dalam pengembangan dan implementasi GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) secara nasional

Kelebihan Jaringan Prima

Jaringan Prima, tak dapat dipungkiri benar-benar memberikan layanan prima bagi penggiat perbankan. Berikut ini adalah kelebihan jaringan prima

1. Kemudahan dan kenyamanan transaksi ATM di seluruh wilayah Indonesia

Dimanapun berada ATM berlogo Prima, kita bisa transaksi apa saja dengan menggunakan kartu ATM dari rekening bank yang kita miliki. Jadi tidak perlu repot mencari ATM centre atau ATM Bank tempat kita memiliki rekening tabungan.

2. Transaksi transfer dana antar bank diproses secara real time online selama 24 jam non-stop

Tantangan jaringan Prima saat ini adalah munculnya aplikasi yang menawarkan bebas biaya untuk transfer antar bank bagi transaksi di bawah lima juta rupiah. Namun perlu diketahui bahwa layanan ini terbatas jam kerjanya yaitu mulai dari jam 9 pagi hingga jam 17.00 WIB pada hari kerja hari libur tidak beroperasi, Sabtu aplikasi ini pun hanya beroperasi dari jam 9 hingga jam 14 WIB. Proses transfernya juga butuh waktu lama, minimal 20 menit hingga beberapa jam. Hal ini berbeda dengan layanan Jaringan Prima yang real time secara online dalam 24 jam non stop.

3. Bekerja sama dengan lebih dari 80 Bank di Indonesia

Siapa saja mitra bank yang memiliki jaringan kerjasama bersama Jaringan Prima? lebih dari 80 bank saudara. Dari bank BUMN hingga bank asing. bank yang namanya sudah membahana secara nasional hingga bank yang lebih dikenal bersifat lokal kedaerahan. 

4. Memiliki lebih dari 120.000 jaringan ATM yang terkoneksi dengan Internet Banking, Mobile Banking,EDC dan channel digital lainnya di seluruh Indonesia.

Jika mitra kerjanya lebih dari 80 bank, tentu jaringan Prima sangat luas jangkauannya. Bahkan lebih luas dari jangkauan ATM milik bank terbesar di Indonesia. Lebih dari 120.000 jaringan ATM berada dalam genggaman jaringan Prima. Belum termasuk koneksi melalui internet banking, mobile banking, EDC dan channel digital lain di seluruh Indonesia.

5. Efisiensi waktu dan tenaga bagi nasabah mitra bank ATM PRIMA

Sebab jaringannya yang sangat luas dan mencakup kemitraan dengan 80 lebih bank di Indonesia, pengguna jaringan prima tak perlu membuang waktu dan tenaga menemukan bilik  ATM dari rekening bank yang dimiliki. Hal ini sangat membantu transaksi di kota kecil, pelosok desa yang minim sekali jumlah bilik ATMnya. Bahkan terkadang di satu kota kecil hanya ada ATM bank milik bank ternama dengan jumlah yang sangat terbatas. Bayangkan jika tak ada jaringan Prima.

6. Memiliki alamat kantor perwakilan yang jelas

Jika ada keluhan dan komplain, nasabah bisa menghubungi customer service Jaringan Prima. Hal ini berbeda dengan layanan aplikasi lain yang menawarkan bebas biaya transfer antar bank.  Sebab tidak mencantumkan alamat kantor dan layanan customer serivice,  Jika customer ingin konsultasi terkadang bingung harus menghubungi siapa.

tangkapan layar PT Rintis Sejahtera
tangkapan layar PT Rintis Sejahtera
Jaringan Prima benar-benar menawarkan layanan Prima. Karena berbagai kelebihannya saya banyak terbantu. Mulai dari tertolong masalah  urusan biaya yang harus dibayarkan segera hingga menjadi sarana terbukanya pintu rezeki sebab berkaitan dengan tugas dalam bekerja. Suatu hal patut disyukuri sebagai warga Indonesia, berbagai urusan finansial yang penting terselesaikan dengan bantuan jaringan prima.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun