Mohon tunggu...
Diva AmaliaFajrianti
Diva AmaliaFajrianti Mohon Tunggu... Mahasiswa

Pendidikan Masyarakat

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa UPI Manfaatkan Teknologi untuk Kegiatan KKN 2020

30 Juni 2020   19:18 Diperbarui: 30 Juni 2020   19:21 5 0 0 Mohon Tunggu...

Badan Kesehatan Dunia (WHO) secara resmi menyatakan virus Corona COVID- 19 sebagai pandemi. Menurut WHO, pandemi adalah skala penyebaran penyakit yang terjadi secara global di seluruh dunia. 

Namun, ini tidak memiliki sangkut paut dengan perubahan pada karakteristik penyakitnya. suatu wabah sebagai pandemi artinya WHO memberi alarm pada pemerintah semua negara dunia untuk meningkatkan kesiapsiagaan untuk mencegah maupun menangani wabah. Sampai pada 23 Juni 2020, total kasus positif virus Covid-19 di Indonesia mencapai angka 47.896 jiwa dengan penambahan angka positif yaitu 1.051 jiwa. 

Kondisi perang melawan COVID-19 yang dialami saat ini menuntut masyarakat harus beraktivitas di rumah, menjaga jarak dengan orang lain dan menghindari kerumunan. Semua aktivitas dan komunikasi dilakukan secara online, tanpa harus keluar rumah. 

Hal ini dilakukan agar kita segera dapat menahan laju penyebaran yang terinfeksi virus Corona (COVID-19). Peserta yang mengikuti kegiatan KKN COVID-19 MMB LPPM UPI mengadakan beberapa program yang berbeda dengan program KKN biasanya yaitu dengan memanfaatkan teknologi yang ada, program tersebut di antaranya: program pendataan warga, program edukasi masyarakat yang meliputi share info edukasi COVID-19 kepada masyarakat melalui media sosial, dan program edukasi siswa dengan membuat grup sosialisasi info COVID-19 yang grup tersebut juga dipakai untuk membimbing para siswa yang kesulitan menjalankan kegiatan belajar di masa pandemic. Program tersebut dilaksanakan dalam waktu 1 bulan penuh dengan durasi 4 sampai 6 jam perhari. 

Pihak kampus memonitoring kegiatan KKN dengan melihat laporan progress harian yang peserta unduh di laman khusus. Harapannya dengan diadakannya program tersebut dapat membantu perlawanan masyarakat Indonesia terhadap virus COVID-19 dan dapat membantu pemerintah untuk menekan laju virus COVID-19 di Indonesia

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x