Mohon tunggu...
Muhammad Ridlwanahady
Muhammad Ridlwanahady Mohon Tunggu... Mahasiswa - Alfaqir Alallah

Mahasiwa Yuem

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa UM Menyelenggarakan Penutupan KKN Mandiri 2021 Kelurahan Losari

29 Juli 2021   02:53 Diperbarui: 29 Juli 2021   03:12 57 1 0 Mohon Tunggu...

Senin (26/07) Mahasiswa Universitas Negeri Malang menyelenggarakan kegiatan Penutupan KKN Mandiri yang telah dilaksanakan selama 45 hari di Kelurahan Losari, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Acara tersebut bertempat di Kantor Kelurahan Losari dengan dihadiri oleh Dosen Pembimbing Lapangan, perwakilan dari pemerintah desa, anggota UMKM Melati Losari dan juga perwakilan mahasiswa KKN sendiri yang berjumlah 6 orang. 

Acara diselenggarakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat mengingat bertepatan dengan adanya PPKM Level 4. Tujuan dari diadakannya acara ini adalah sebagai upacara peringatan atas berakhirnya serangkaian kegiatan KKN.

dokpri
dokpri
Penutupaan KKN Mandiri ini ditandai secara simbolik dengan melakukan penandatanganan laporan akhir kegiatan KKN Mandiri Kelurahan Losari oleh Kepala Desa yang dalam hal ini diwakili oleh Ibu Carik, Kordinator Desa yaitu Lathifah Ainur Hayyu dan Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Bapak Dr. Pramono, S.Pd., M.Or. Dalam Penutupan KKN ini disampaikan juga program-program yang telah terlaksana selama KKN berlangsung.

Dengan beranggotakan  9 mahasiswa, KKN Mandiri Kelurahan Losari telah mengusung 6 program kerja, diantaranya Pembuatan alat produksi, Pembuatan flayer dan label alat, Pelatihan laporan keuangan, Pelatihan penggunaan alat, Pelatihan keselamatan kerja, dan Pelatihan peningkatan strategi marketing. Keseluruhan program kerja memang berfokus pada peningkatan mutu dan kualitas produksi pada UMKM binaan, dalam hal ini adalah UMKM Melati Losari.

Penutupan KKN Mandiri Kelurahan Losari ini juga merupakan sarana penyerahan cinderamata berupa alat kristalisasi untuk produksi pada UMKM Melati Losari, hanya saja dikarenakan alat masih dalam tahap pengembangan, proses penyerahan diundur sampai pengembangan alat selesai dan siap untuk digunakan.

Ucapan terima kasih disampaikan para mahasiswa kepada pihak kelurahan dan UMKM yang telah menerima mereka untuk melakukan pengabdian ini dengan baik. Para Ibu-ibu pegiat UMKM Melati Losari juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang saling menguntungkan ini. Harapannya pengabdian yang telah dilakukan dapat bermanfaat bagi semua pihak terutama UMKM Melati Losari dan juga perekonomian masyarakat Kelurahan Losari sendiri.

dokpri
dokpri

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN