Duta Aulia
Duta Aulia Mohon Tunggu... Jurnalis - Pekerja.

Mata dua mulut satu.

Wisata di Sentul, Curug Leuwi Lieuk

17 November 2018   20:55 Diperbarui: 18 November 2018   01:14 761
Dokumentasi pribadi.

Berkesempatan untuk explore tempat-tempat baru yang menawarkan pemandangan begitu menakjubkan. Kali ini gue, Kevin, dan Faris memutuskan untuk mengexplore kawasan Bogor, Jawa Barat. Banyak sih wisata-wisata yang ditawarkan oleh Kabupaten/Kota Bogor seperti, wisata kuliner, pengunungan, perkebunan, air terjun, dan lainnya.

Begitu banyak tawaran wisata yang diberikan oleh Bogor, kami pun menutuskan untuk mengexplore wisata air terjun atau yang dikenal dengan istilah curug. Curug yang sekarang kita mau explore adalah Curug Luwih Hejo dan Curug Leuwi Lieuk yang berada di Sentul, Jawa Barat.

Kami memulai perjalanan dari Kota Depok sekitar pukul 05.00 WIB tepatnya setelah  shalat subuh. Pukul 05.00 WIB kami pilih bertujuan untuk menghindari pungli yang marak beredar di sekitar kawasan Curug. Soalnya sepengalaman kami mengexplore kawasan tersebut, terdapat banyak pungli yang pastinya sangat mengganggu para wisatawan.

Lebih kurang 2 jam perjalanan kami tempuh menggunakan motor menuju Curug Luwih Hejo. Berkaitan dengan pungli, ketika perjalanan berangkat atau pun pulang, kami sudah tidak menemukan peraktik tersebut, mungkin hal itu terjadi karena akses jalan yang sudah diperbaiki oleh pemerintah setempat dan warga setempat tidak lagi memiliki alasan untuk meminta sumbangan di setiap lubang jalanan.

Sekitar pukul 07.00 WIB, kami sampai di kawasan Curug Luwih Hejo. Untuk biaya masuk kawasan tersebut dikenakan Rp.15.000/orang dan kendaraan bermotor seperti sepeda motor dikenakan Rp. 8.000/unit. Biaya yang cukup murah untuk menikmati kawasan tersebut. Setelah melakukan urusan administrasi di depan pintu masuk kawasan wisata, kami segera mencari tempat parkir untuk motor. Untuk kalian yang mau ke Curug Lewih Hejo menggunakan sepeda motor, kalian jangan memarkir kendaraan deket pintu masuk wisata karena jarak antara pintu masuk dan curug masih lumayan jauh, kalian bisa memarkir kendaraan di dekat  curug dengan cara mengikuti jalan yang masih bisa dilewati oleh sepeda motor.

Jarak antara parkiran dengan air terjun tidak terlalu jauh hanya membutuhkan waktu 5 menit dengan berjalan kaki, kalian akan dapat menikmati pemandangan Curug Luwih Hejo.

Setelah sampai di Curug Luwih Hejo, kami memutuskan untuk melakukan perjalanan menuju Curug Luewi Lieuk. Nah perjalanan baru terasa sedikit menantang menuju Curug Luewi Lieuk, kita harus berjalan kaki kurang lebih selama 20-30 menit dari Curug Luwih Hejo dengan medan yang sedikit menanjak dan menguras tenaga.

Disepanjang perjalanan menuju Curug Luewi Lieuk, kalian akan mendapatkan pemandangan yang cukup bagus karena Curug Luewi Lieuk sendiri berada antar bukit-bukit yang ada di kawasan Sentul.

Sekitar pukul 08.00 WIB, kami sampai di Curug Luewi Lieuk yang merupakan tujuan utama kami. Sesampainya di sana, rasa letih sepanjang perjalanan terbayarkan dengan pemandangan Curug Luewi Lieuk yang begitu indah.  Di Curug Luewi Lieuk, kalian bisa melompat dari batu yang berada di sisi sebalah kiri dan menikmati sensasi terjun bebas. Tapi jangan lupa, untuk kalian yang belum bisa berenang, tetap hati-hati karena kedalaman air di antara tebing Curug Luewi Lieuk mencapai 2-4 meter. Jangan khawatir, di sana juga ada aliran air yang tidak begitu dalam dan bisa dinikmati oleh siapapun.

Kurang lebih 3 jam kami habiskan dengan berenang dan mengambil foto di kawasan Curug Luewi Lieuk. Sekitar pukul 11.00 WIB, Kami memutuskan untuk segera kembali ke menjauhi kawasan tersebut karena cuaca ketika itu berubah menjadi berawan. Untuk kalian yang ingin menikmati objek wisata curug atau air terjun sangat disarankan jika cuaca berubah menjadi berawan dan berpotensi hujan, sebaiknya kalian segera menjauh dari aliran air karena bisa menimbulkan peningkatan arus deras yang pastinya membahayakan keselamatan kalian.

Jika kalian ingin menikmati suasana yang sangat alami, pilihlah waktu yang tepat untuk berkunjung seperti pagi hari atau pun weekday. Selain itu, buat kalian yang ingin dan suka akan kegiatan alam bebas, tolong diperhatikan sampah yang kalian bawa karena suasana yang asli tanpa adanya sampah, menambah kenikmatan lebih ketika berada di alam bebas.