Humaniora

Mempertahankan Hubungan

17 April 2018   05:39 Diperbarui: 17 April 2018   06:08 316 0 0
Mempertahankan Hubungan
.pexels.com

Memiliki pacar lama yang sudah bersama selama bertahun-tahun tidak akan menjamin tidak adanya sebuah pertengkaran. Hal sepele bisa membuat pertengkaran, tentu hal yang wajar. Apasih yang membuat sepasang kekasih bisa mempertahankan sebuah hubungan sampai bertahun-tahun ? Ibarat kita mempertahankan pohon kaktus dalam udara lembab untuk tetap hidup adalah hal sulit. Kaktus butuh cahaya dan tidak harus disiram setiap harinya. 

satu tahun, dua tahun, tiga tahun, lima tahun. Waktu yang cukup lama untuk bermain-main. Waktu yang cukup menguras tenaga untuk meyakinkan diri bahwa dia tetap ada disamping kita. Waktu yang cukup lama untuk bekerja keras menerapkan pikiran positif dalam otak dan hati kita. Namun yang terjadi jika semua ini diluapkan akan menjadi hal yang berdampak besar.

Kebiasaan saat bersama, saat sedih maupun senang akan membuat kita berat untuk berpisah satu sama lain. Tapi yang paling berat untuk kita tinggalkan adalah komitmen kita dari awal. Semua komitmen yang telah disepakati akan membuat kita memikirkan bagaimana kelanjutan yang akan terjadi setelah berpisah.

Mempertahankan sebuah hubungan tentu tidak semudah kita menghabiskan permen satu toples dalam sehari. Kita harus bermain dengan perasaan, mengorbankan hati, waktu serta biaya. Namun yang kita tahu itu adalah yang kita harapkan untuk selamanya. Menemukan pasangan yang cocok, yang bertahan meskipun teman-temannya meminta mereka untuk meninggalkan kita, yang bisa berfikir memahami bagaimana sifat dan sikap yang ada dalam diri kita dan menahan semua godaan dengan kata lain setia. Itu semua adalah hal yang diimpikan dan sulit sekali untuk dipertahankan. Karena pasangan kita tidak hanya hidup dengan kita saja.