Mohon tunggu...
Dedison Gasni
Dedison Gasni Mohon Tunggu...

Aku mau bicara...!

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Bakewell Puding

5 Mei 2011   09:14 Diperbarui: 26 Juni 2015   06:03 180 0 3 Mohon Tunggu...

Bakewll pudding original bawah dan Bakewell tart atas

Kota Bakewell berada di dalam taman nasional Peak District, tepatnya di county Derbyshire, UK. Kota kecil ini, merupakan salah satu daerah tujuan wisata, karena setiap minggu kota ini akan diserbu oleh para wisatawan lokal maupun domestik untuk berbelanja. Karena setiap hari Sabtu minggu terakhir tiap bulan ada farmer market yang menjual beer, cheese, wine, daging dan sayur-sayuran segar. Disamping itu setiap akhir pekan akan dijumpai pasar kerajinan yang menjual beraneka ragam kerajinan yang dapat dijadikan cendramata. Monday market merupakan pasar yang terkenal di kota tersebut, dimana pasar ini diresmikan oleh King Edward III sejak tahun 1330.

Kota Bakewell

Sungai Why yang membelah kota Bakewell

Kota ini merupakan kota transit bagi bus-bus jika hendak mengunjungi tempat wisata yang terkenal di county Derbyshire seperti Chatsworth dan tempat hiking lainnya. Jangan heran dikota ini akan banyak kita jumpai orang-orang yang berpakaian baju gunung yang siap untuk melakukan hiking yang lengkap dengan tongkat dan ransel. Sehingga diakhir pekan kota ini menjadi sesak oleh pengunjung, yang sangat kontras sekali kalau kita datang pada hari biasa.

Group Hiking pada umumnya orang tua dan pensiunan

Bangunan di kota ini masih terjaga keasliannya, dan tidak akan kita jumpai bangunan modern, karena kawasan ini dibawah pengawasan taman nasional authority. Rumah-rumah dan toko-toko yang bergaya victoria berdiri dengan angun dan sangat memikat dengan usia sudah ratusan tahun. Sungai yang mengalir sangat jernih yang membelah kota dengan ikan-ikan dan bebek liar menari kian kemari menjadi tontonan menarik bagi para wisatawan, yang lagi menyantap makan siang di sepanjang pinggir sungai.

Keramaian di tengah kota Bakewell dengan bangunan zaman victoria

Bagi para wisatawan yang berkunjung ke kota ini belum lengkap jika mereka belum mencicipi Bakewell pudding. Pertama sekali saya mendengar kata pudding yang terbayang di otak saya adalah agar-agar. Pasti bahan utamanyanya adalah agar-agar, ternyata dugaan saya meleset 100 %. Ternyata istilah pudding disini sama dengan tart. Bakewell pudding bentuknya menyerupai pastry yang di lapisi oleh jam dan diisi dengan kocokan telur dan almond.

Asal muasal dari Bakewell pudding tidak jelas ada yang mengatakan berasal dari Prancis selatan. Tetapi cerita yang dapat diterima sampai saatini adalah bahwa Bakewell pudding pertama sekali dibuat tanpa sengaja pada tahun 1820. Ketika Landlady dari White Horse inn memerintahkan kepada tukang masaknya untuk membuat jam tart, tetapi si tukang masak menggocok telur dan almond, kemudian menuangkannya ke dalam pastry diatas jam. Setelah masak, telur dan almond pasta tekturnya mirip dengan egg custard ( seperti sarikaya). Hasilnya sangat luar biasa dan sukses, sehingga makanan ini sangat popular di White horse inn.

The old original Bakewell pudding shop

Makanan ini kemudian sangat popular dengan nama Bakewell pudding. The old original Bakewell pudding shop mengklaim bahwa mereka yang memiliki resep asli dari pudding pastry tersebut. Harganya cukup mahal untuk ukuran kecil harganya 2.70 pound dan ukuran besar 5.5 pound. Disamping itu toko tersebut juga menjual Bakwell pudding dengan beraneka rasa, tetapi rasa original selalu menjadi incaran para wisatawan. Disamping menjual Bakwell pudding toko ini juga menjual roti, kue kecil, aneka jam, wine dan cendra mata atau souvenir.

Bentuk Bakewell pudding original bentuknya kurang menarik tetapi rasanya sangat enak, anda bisa bayangkan makan pastry yang ditengahnya ada egg custard, emm... yummy. Bakewell pudding dapat di sajikan selagi panas dan dingin. Dan sangat cocok untuk makan penutup untuk makan malam. Tetapi sangat cocok juga untuk saya yang pada saat itu, yang baru saja pulang dari hiking dan dengan ditemani English tea yang hangat. Enaknya Bakewell pudding jadi terasa.

0OOO0

Recipe of Bakewell Pudding

Ingredients

·450ml/¾ pint breadcrumbs

·600ml/1 pint milk

·3 eggs

·55g/2oz sugar

·80g/3oz butter

·25g/1oz ground almonds

·jam

Preparation method

  1. Butter a pie dish, add the breadcrumbs, covering them with a layer of strawberry or any other kind of jam.
  2. Mix the milk with the beaten eggs, the ground almonds, and the butter and sugar.
  3. Beat all the ingredients together, pour into the dish and bake for 1 hour at a moderate heat.

(Sumber : BBC-Food recipes)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x