Dunia Halal
Dunia Halal

Dunia Halal adalah e-commerce pertama di Indonesia yang menyediakan berbagai produk, layanan & transaksi halal. Karena semua berawal dari yang halal.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Membedakan Daging Halal dan Haram

30 Januari 2018   14:20 Diperbarui: 30 Januari 2018   14:25 443 1 1
Membedakan Daging Halal dan Haram
cphpost.dk

Dari beragam jenisnya hingga berbagai menu sajiannya, daging pastinya sangat lezat di lidah. Tetapi, baru-baru ini ada berita yang kita baca di internet tentang penipuan daging sapi yang ternyata daging babi. Lho, kok bisa?

Sebagai negara dengan mayoritas masyarakatnya muslim, banyak diantara kita beranggapan bahwa di sini daging babi tidak dijual bebas sehingga kita merasa aman-aman saja beli daging dimanapun. Padahal kenyataannya ada saja oknum-oknum yang memanfaatkan kelengahan warga muslim ini demi meraup keuntungan sebesar-besarnya, meskipun dengan cara penipuan. 

Nah, supaya kamu tidak tertipu, di sini kita akan membagikan informasi bagaimana membedakan daging sapi dan babi; 

MUI (Majelis Ulama Indonesia) sudah memberikan label Halal bagi daging-daging yang memang terbukti halal. Namun hal ini agak sulit dilacak apabila kita membeli daging tersebut di pasar tradisional, dimana kurang mendapatkan informasi dari mana daging itu berasal. 

Cara lainnya dengan mengecek beberapa faktor yang membedakan daging babi dan daging sapi. Faktor-faktor tersebut adalah warna, serat daging, tipe lemak, aroma, dan tekstur.

Dari segi warna, daging babi terlihat lebih pucat dibanding dengan daging sapi yang merah dan terlihat segar. Namun, terkadang daging babi dilumuri dengan darah babi sebagai kamuflase. Ini terjadi pada daging babi oplosan. 

Di supermarket daging-daging sudah lebih dulu dikemas dalam plastik sehingga sulit bagi kita menginspeksi lebih lanjut daging-daging tersebut. Berbeda dengan daging di pasar trasidional, Sobat DuHa dapat menyentuh tekstur daging-daging tersebut. Daging babi biasanya lebih lembek dan mudah direnggangkan. Sedangkan daging sapi lebih padat dan kaku. Perbedaan ini cukup mudah dirasakan. 

Dari tekstur dagingnya kita bisa mengecek serat daging. Daging sapi itu lebih berserat dibanding daging babi. Serat-serat dalam daging sapi jauh lebih tampak. Jika tidak kelihatan, mungkin daging tersebut bisa direnggakan sedikit agar serat daging muncul. 

Terakhir, bau dari kedua daging babi dan sapi yang cukup berbeda. Mungkin Kamu sudah tahu bahwa daging sapi itu beraroma tengik. Sedangkan daging babi memiliki bau khasnya sendiri. Ini merupakan faktor yang sangat kuat karena kedua aroma akan tercium dengan jelas. 

Kamu sekarang sudah mengetahui cara-cara membedakan daging sapi dan babi. Walaupun demikian, kita masih harus berhati-hati dalam pemilihan daging apa lagi di pasar-pasar tradisional. Supaya lebih aman, Sobat DuHa bisa memilih di Dunia Halal karena tersedia banyak pilihan makanan, termasuk daging, yang sudah dipastikan Halal. Kalau gak mau berpikir dua kali, ya tinggal ke DuniaHalal.com