Mohon tunggu...
Dulcet Bynissa
Dulcet Bynissa Mohon Tunggu... seorang gadis berjuta mimpi

kita tidak usah jadi pengendali udara, pengendali air, atau pengendali api. kita cukup jadi pengendali hati. itu sudah cukup sakti

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Memberi Nama Anak adalah Pekerjaan Serius

24 November 2019   18:06 Diperbarui: 24 November 2019   18:07 54 2 0 Mohon Tunggu...
Memberi Nama Anak adalah Pekerjaan Serius
ilustrasi menggendong anak. (sumber: Donnie Ray Jones/Flickr)

Nama anak, bukan asal lucu atau asal bagus karena memberi nama adalah pekerjaan yang serius dan penting.  

Salah seorang anak biasa dipanggil dengan sebutan Bangsat. Bukan tanpa alasan anak ini dipanggil dengan julukan seperti itu juga bukan karena anak ini adalah anak yang nakal tetapi lantaran karena nama yang diberikan oleh orang tuanya. 

Padahal nama pemberian orang tuanya sudah sangat bagus dan gagah, yaitu Satria. Tetapi karena anak ini adalah laki-laki dan memiliki adik perempuan yang biasa memanggilnya Abang akhirnya banyak teman dan orang-orang sekitar yang memanggilnya dengan julukan Bang-Sat-Tria.

Tetapi, kata Tria-nya dipotong akhirnya yang terucap hanya kata Bang dan Sat yang jika digabung terbentuklah kata Bangsat. 

Julukan yang sejenis ini juga dialami oleh anak perempuan dengan nama Rita yang ketika dia dewasa akan menjadi ibu-ibu. Sehingga teman dan orang sekitarnya memotong namanya menjadi Bu-Rit atau Burit. Nasib yang sama juga sering dialami oleh anak-anak lain dengan julukan yang berbeda-beda.

Kadangkala karena nama anak yang unik ini, mereka menjadi cepat dikenal oleh teman atau orang-orang sekitar, bahkan hingga kampung-kampung sekitar rumah. 

Sayangnya walaupun mereka terkenal karena nama mereka akan tetapi mereka menjadi bahan ejekan dan olokan dimana-mana yang membuat anak menjadi rendah diri, dan selanjutnya menjadikan anak menjadi anak yang mudah menangis atau cengeng dan pemalu. 

Begitu pula seorang anak yang di olok-olok bukan karaena namanya akan tetapi karena nam orang tuanya. Maka hal itu juga akan membuat hati anak menjadi hancur dan sedih. Mendengar nama orang yang disayanginya disebut dengan tidak sesuai.

Tahukah sebenarnya olokan dengan memplesetkan nama seseorang juga merupakan bentuk dari bully  yang kadang tidak banyak disadari oleh orang -- orang. Hal tersebut biasa disebut dengan Name-Calling  yang masuk dalam kategori bully verbal .

Apalah arti sebuah nama,"What's The Meaning of Name" kata seorang pujangga ternama Shakespeare. Akan tetapi ternyata dalam Islam nama bukanlah masalah sepele yang bisa diremehkan begitu saja. 

Nama seseorang mampu memberikan dampak psikologis yang besar bagi pemiliknya. Dana dalam kehidpan nayata, seringkali nama menjadi penentu keberhasilan hidup seorang manusia. Beberapa pengaruh peikologis ini akan kita bahass disini.

  • Pencintraan Diri 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN