Mohon tunggu...
Dudun Parwanto
Dudun Parwanto Mohon Tunggu... Penulis - Penulis, Traveler

Owner bianglala publishing, penulis, komika sosial media dan motivator/ trainer penulisan,

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Belajar Stand Up Comedy

29 Maret 2021   07:34 Diperbarui: 29 Maret 2021   07:41 222
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya sebenarnya malas nonton debat, saya lebih suka kumpul dengan anak anak Stand Up Comedy, cerita yang ringan-ringan. Namun sekarang istilah dalam Stand Up Comedy sudah diambil oleh politisi .

Misalnya,
Absurd, ada istilah Genderuwo
Fiksi , Indonesia punah
Lebay , Tol pembunuh Bayaran

Belajar Standup Comedy sebenarnya bukan lah hal yang sulit jika kita betul betul serius dalam mempelajari teknik tekniknya. Saya sendiri sedang belajar jenis komedi yang membutuhkan kejelian kita dalam menangkap fenomena fenomena yang terjadi untuk kemudian di susun menjadi sebuah materi ini .Di dalam materi standup comedy itu sendiri ada yang di sebut dengan joke atau lelucon. Apa itu joke ? joke itu terdiri dari 2 bagian,yaitu set-up dan punchline. satuan materi yang terdiri dari set-up dan punchline disebut dengan bit.

Set-up adalah bagian yang tidak lucu dari sebuah bit, biasanya premis atau pengantar dari bit tersebut ke bagian yang lucu.

Punchline adalah bagian yang lucu cari sebuah bit. Biasanya membalikan premis atau memberikan sesuatu yang mengejutkan sebagai penutup dari set-up atau premis tadi. Karena efek mengejutkannya itu maka disebut PUNCH-line. Kalimatnya harus "nonjok".

Sebagai contoh sederhana

Bit : Saya itu paling suka sama cewek yang jago masak. Menurut saya cewek yang jago masak itu seksi. Seksi konsumsi.

Set-up disini adalah Saya itu paling suka sama cewek yang jago masak. Menurut saya cewek yang jago masak itu seksi. Saya mengarahkan penonton untuk mengharapkan sesuatu yang seksi dari cewek yang jago masak. Dan di akhir bit saya menggunakan kata seksi konsumsi. Penonton yang tidak siap dengan perubahan tersebut merasa tergelitik dan akhirnya timbulah tawa.

Dan di standup comedy itu ada beberapa teknik teknik yang harus di kuasai oleh comic atau standup comedian. Berikut ini beberapa di antaranya

One Liner

Bit singkat yang hanya terdiri dari satu sampai tiga kalimat. One liner merupakan teknik paling simpel di dalam stand up comedy, tetapi selain simpel ini juga memerlukan pemikiran yang lebih keras daripada teknik lainnya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun