Mohon tunggu...
Dudi safari
Dudi safari Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pencari Ilmu

Aktif di Organisasi Kepemudaan dan Dakwah Pelosok.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Dari Desa Menuju PON XX Papua

2 Oktober 2021   16:25 Diperbarui: 2 Oktober 2021   16:27 186 4 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Poto koleksi pribadi

Sejatinya PON XX yang akan diselenggarakan di Papua 20 Oktober hingga 2 November 2020 ditunda, dengan pertimbangan covid 19  yang masih menjadi pandemi nasional.

Rencana pelaksanaan disepakati Oktober 2021, artinya satu tahun masa penundaan ini diharapkan panitia mampu mematangkan segala sarana dan prasarana untuk terselenggaranya pesta olahraga nasional ini.

Mulai dari teknis lapangan seperti pembangunan venue hingga keunikan medali. Pesta olahraga tingkat nasional yang digelar empat tahunan ini akhirnya mendekati kematangan.

Berdasarkan update per bulan September 2021, sebanyak 7.066 atlet yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia akan berpartisipasi memperebutkan medali dan gelar juara dari 37 cabang olahraga, 56 disiplin cabang olahraga dan 679 nomor pertandingan, di kutip dari goodnewsfromindonesia.id.

Akhirnya konfirmasi kepastian gelaran pesta Pekan Olahraga Nasional (PON) pun datang dari ketua umum KONI pusat. PON XX Papua yang akan diselenggarakan pada 2-15 Oktober 2021 mendatang, sejauh ini telah mendekati persiapan final.

"Entry by name sudah selesai. pada 1 Agustus seluruh kontingen provinsi sudah mendaftarkan atlet dan official nya. Jumlah atlet ada 6.496 orang dan official 50 persen dari kekuatan itu, sekitar 3.300 orang," kata Marciano (12/8/21). Dikutip dari tribunnews.com.

Letjen TNI (purn) Marciano Norman merupakan ketua umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) pusat mengatakan bahwa, persiapan Pekan Olahraga Nasional XX  atau PON Papua, secara umum sudah mencapai 95 persen. Tagline yang diangkat pada PON XX Papua  adalah "Torang Bisa." Torang Bisa! Merupakan frasa dalam bahasa melayu Papua yang bermakna "Kita Bisa."

Dua hewan khas Papua Kangpho dan Drawa menjadi maskot PON XX Papua pada 2-15 Oktober 2021, Kangpho kepanjangan dari Kangguru pohon selama ini populer sebagai satwa khas Australia nyatanya ada di Papua. Sementara drawa atau burung cenderawasih adalah burung jantan dewasa yang memiliki hiasan didominasi warna merah, jingga dan warna campuran.

Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua kali ini  benar-benar akan menjadi pesta olahraga yang seru, karena perhelatan besar ini akan dilaksanakan diujung pulau dari NKRI.

Dua Srikandi dari desa Legok Kidul, Sumedang  JABAR

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan