Mohon tunggu...
Dudi RMD
Dudi RMD Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika - Universitas Pamulang, Kota Tangerang Selatan

Kumaha aing brayyy

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Di Balik Penyelenggaraan Haji Tahun 1439 H

31 Agustus 2018   11:49 Diperbarui: 31 Agustus 2018   11:56 690
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Seri: Dibalik Penyelenggaraan Haji Tahun 1439H

Seri 1: Jaringan Kereta Cepat Metro Mina & Metro Al Mashaaer Al Mu-gaddassah

Hampir tiga ribu jamaah haji berduyun-duyun keluar dari 12 gerbong kereta Metro Al Mashaaer al Mugaddassah yang berhenti di stasiun Mina 3. Satu gerbong bisa memuat 250 orang duduk dan berdiri. Dengan tertib mereka antri keluar, mengayunkan tangan mereka pada kotak kuning besar pada gerbang keluar, tanpa perlu melambatkan langkah. 

Chip NFC (near field communication), yang ada pada gelang, berkomunikasi dengan penerima sinyal di kotak tersebut, menandai keluar-masuk jamaah yang bersangkutan secara otomatis. Dari stasiun, para jamaah haji ini langsung menuju lantai empat bangunan Jamarat, tempat mereka akan melontar jumrah.

Kereta ini beroperasi 20 jam sehari selama musim Haji, dengan jarak waktu hanya 1,5 menit dengan kereta berikutnya. Dalam keadaan operasional 100%, kereta ini bisa mengangkut hampir empat juta penumpang, menghilangkan kebu-tuhan akan 53 ribu bus yang selama ini memacetkan jalanan di kawasan Mina dan Arafah.

Seri 1: Jaringan Kereta Cepat Metro Mina & Metro Al Mashaaer Al Mu-gaddassah
Seri 1: Jaringan Kereta Cepat Metro Mina & Metro Al Mashaaer Al Mu-gaddassah
Keretanya sendiri menyenangkan. Menggunakan motor listrik, kereta ini bisa melaju cepat nyaris tanpa suara, juga hampir tanpa guncangan yang berarti. 

Jarak 13 kilometer antara perbatasan padang Arafah dan tempat melempar Jumrah di Mina, ditempuh hanya dalam beberapa menit. Suasana di dalam kereta bersih, dengan deretan tempat duduk di sepanjang dinding gerbong, dan dingin. Tidak ada gerbong khusus perempuan seperti di KRL Jabodetabek.

Selain Metro Al Mashaaer al Mugaddassah, ada juga Metro Mina yang melayani sisi lain dari jalur Makkah-Padang Arafah-Muzdalifah-Mina ini.

Mulai dibangun tahun 2009, proyek pembangunan jaringan kereta cepat tersebut diselesaikan hanya dalam waktu 22 bulan oleh China Railway Construction Corporation Limited (CRCC) dengan mempekerjakan delapan ribu tenaga kerja trampil dan tidak trampil, serta lima ribu insinyur. 

Nilai kontrak pembangunan tahap I adalah 6,7 milyar Saudi Riyal atau setara dengan Rp.26,1 trilyun. Tapi CRCC kemudian mengaku tekor sekitar Rp.8,7 trilyun karena

Jaringan Kereta Cepat
Jaringan Kereta Cepat
Perubahan-perubahan yang diminta klien dan minta kompensasi penggantian. Apapun cerita di balik pembangunan jaringan  transportasi ini, Metro Mina dan Metro Al Mashaaer al Mugaddassah merupakan salah satu solusi yang disediakan Kerajaan Arab Saudi untuk memecahkan masalah transportasi dengan makin banyaknya jamaah haji yang datang tiap tahun. 

100 tahun lalu baru ada 29 ribu jamaah ini. Tahun 2018 ini, ada sekitar 2,4 juta jamaah haji yang datang. Dalam 5-10 tahun mendatang, jumlahnya diperkirakan akan melonjak jadi 4,5 juta orang. 

Bayangkan memindahkan mereka dari satu tempat ke tempat lain, dari satu waktu ke waktu lain sesuai dengan rukun dan wajib haji jika tidak menggunakan sistem transportasi massal cepat ( mass rapid transportation system ) seperti ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun