Dudi Iskandar
Dudi Iskandar wiraswasta

Seorang ayah dengan tiga orang putra putri, senang dengan kegiatan alam bebas dan fotografi. Catatan perjalanan bisa di lihat di http://abusyamil2004.wordpress.com atau http://abusyamil.multiply.com (ALM)

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Asuransi Perjalanan, Bikin Nyaman Perjalanan Anda

12 Oktober 2017   15:32 Diperbarui: 12 Oktober 2017   15:41 249 0 0
Asuransi Perjalanan, Bikin Nyaman Perjalanan Anda
Asuransi Perjalanan

Jalan jalan atau traveling sekarang sudah menjadi gaya hidup tersendiri. Walaupun keadaan ekonomi Indonesia sedang tidak bagus namun dunia traveling tetap banyak peminat. Jadi peluang usaha dalam dunia ini masih sangat terbuka lebar. Bahkan pasar khusus wisata halal pun terbuka lebar.

Saat traveling kadang tidak sejalan dengan rencana yang sudah kita buat,  ada hal yang di luar kemampuan kita.  Nah di sini kita membutuhkan sesuatu yang bisa membantu.  Seperti keterlambatan atau pembatalan penerbangan,  kehilanngan bagasi,  sakit atau bahkan meninggal dunia.  Kita sangat membutuhkan TravelInsurance (Asuransi Perjalanan, untuk menangung resiko resiko yang disebutkan tadi.

Jadi sudah tahu kenapa membutuhkan asuransi perjalanan yah.  Betul jaga resiko dari hal yang tidak kita inginkan.  Jadi sebelum keberangkatan harus sudah dibeli polisnya,  bahkan untuk pengajuan visa ke Eropa travel insurance ini sudah mandatory harus dipunyai oleh traveler. Jadi liburan kita nyaman tidak was was lagi.

Melakukan sebuah perjalanan tentunya sangat membutuhkan kesiapan yang matang. Mulai dari rencana perjalanan kita hari per hari, barang yang akan di bawa,  menggunakan moda tranportasi apa.  Jadi persiapan sangat diperlukan sekali dalam perjalanan terlebih jika akan pergi ke luar negeri yang sangat berbeda kuktur dan budayanya setidaknya mempelajari dulu tujuan perjalanan kita.
Gathering Blogger Mobil123 dan Asuransi MSIG Online

Selasa (11/10) portal otomotif no.1 di Indonesia kembali mengajak rekan blogger dan media gathering di Aruba Restaurant, Pasaraya Blok M Jakarta Selatan sharing mengenai tema  "Tips Cara Pengajuan Klaim Asuransi Perjalanan Yang Efektif" dari Asuransi MSIG Online.

Nah sangat menarik temanya,  karena asuransi ujung pelayanan nya ada di saat klaim  saat terjadi resiko. Jadi kita perlu tahu cara klaim yang efektif. Hal pertama kali harus dipelajari ketika sudah membeli polis adalah membaca secara detil tentang isi polis tersebut. Manfaat apa yang di dapat dari polis yang kita beli secara detil,  untuk menghindari susah klaim.  Terkadang kita malas untuk membaca apa yang menjadi benefit yang kita dapatkan ketika teejadi resiko.  Hal ini yang sangat perlu bagi seseorang yang membeli polis Travel Insurance.

img20171011103932-01-800x597-59df280cc226f96c1b7288a2.jpeg
img20171011103932-01-800x597-59df280cc226f96c1b7288a2.jpeg

Sharing kali ini ada Bapak Bernadus P Wanandi sebagai Vice President Director MSIG dan Bapak Hendry Kurniawan dengan moderator Bapak Indra Prabowo dari Mobil123.

Bapak Bernadus ada tiga hal yang bisa dilakukan agar klaim efektif,  yaitu :

  1. Pahami dan pelajari seluruh manfaat asuransi yang telah anda beli.
  2. Catat dan segera laporkan melalui layanan Call Center apabila terjadi klaim.
  3. Lengkapi seluruh dokumen sesuai dengan jenis klaim yang diajukan.

Jika hal ini sudah dilakukan proses klaik akan sangat mudah sekali.  Jika kita lupa dengan nomor penerbangan bisa lihat www.flightstats.com dan bisa dijadikan backup kelengkapan data untuk proses klaim.  Kita berharap memang tidak terjadi resiko apapun,  namun ibi upaya preventif saja.  Jadi yang paling penting adalah membaca polis asuransi kita dan manfaat apa saja yang di dapat.  Dengan memahami polis proses klaim jika terjadi resiko sudah dipahami.

img20171011104211-01-800x600-59df27e3e995f00e9a6fd352.jpeg
img20171011104211-01-800x600-59df27e3e995f00e9a6fd352.jpeg

Pembicara kedua Bapak Hendri Kurniawan maaih daei MSIG lebih banyaj menranhkan bahaimana mempersiapkan data untuk proses klaim. Salah satu manfaat Travel Insurance MSIG adalah proses Repatriasi (pemulangan jenazah), jika resiko terjadu di Luar Negeri dan Dalam Negeri.

A. Tindakan yang dilakukan di Luar negeri
1. Mengurus surat kematian
2. Mengurus surat otopsi
3. Mengurus surat dari Departemen Kesehatan bahwa jenazah tidak menderita penyakit menular
4. Memberikan formalin, memandikan dan mengenakan pakaian terhadap jenazah
5. Jenazah yang sudah diberikan formalin akan dimasukkan kedalam box aluminium dan dimasukkan kedalam peti.
6. Surat dokumen dibawa ke Kedutaan untuk dilegalisasi
7. Secara pararel dilakukan pengurusan pemesanan kargo pesawat
8. Ambulan dipersiapkan untuk membawa peti jenazah ke pesawat
9. Jenazah yang sudah didalam peti dimasukkan kedalam pesawat

B. Tindakan yang dilakukan di Dalam Negeri
1. Ambulan akan membawa jenazah kerumah duka
2. Serah terima jenazah dengan pihak keluarga

Catatan tentang Repatriasi jenazah di MSIG Online ini hanya bisa di klaim untuk yang meninggal karena cidera atau kecelakaan saja, belum bisa klaim repatriasi jenazah yang meninggal karena sakit. Nah ini pentingnya bava polis bro.... ...

Yang harus kita catat selain nomor polis adalah nomor Customer Center,  karena jika terjadi resiko yang akan membantu adalah tim CS MSIG.  Hal penting kedua alah menyimpan nomor CS ini.

Perjalanan yang kita harapkan adalah tidak ada kejadian apapun,  namub jika terjadi resiko kita sudah siap.  Travel Inauranxe ini memang jenis asuransi jangka pendek yang mengcovwr peejalanan kita sejak keluar rumah sampai kembali ke rumah. Namjn karena tuntutan jaman,  MSiG sedang menformulasikan travel insurance tahunan buat yangbsering bepergian.


Selamat menikmati dunia dan mengambil pelajaran dari setiap peejalanan.  Karena dalam setiap peejalanan pasti ada hikmahnya.


Selamat bertualang.

Kang Dudi